PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU SISWA DAN BUKU GURU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Authors

  • Restu Yulia Hidayatul Umah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p6-13

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe buku siswa dan buku guru yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Pengembangan prototipe ini menggunakan tiga tahap dari Model 4-D (Four-D Model), yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diujicobakan di kelas IV MIN Manisrejo Kota Madiun semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Prototipe buku siswa dan buku guru yang dikembangkan berkategori valid, 2) Pembelajaran menggunakan prototipe buku siswa dan buku guru ditinjau dari: a) Keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa sesuai dengan tahap-tahap pada model pembelajaran berdasarkan masalah, b) Keterbacaan buku siswa dan LKS oleh siswa dikategorikan sangat baik, dan 3) Keefektifan prototipe buku guru ditinjau dari: a) Peningkatan keterampilan proses sains siswa diukur dengan N-Gain yang berkategori sedang, b) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan prototipe buku siswa dan buku guru sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa prototipe buku siswa dan buku guru yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.

 

Kata Kunci: Prototipe Buku Siswa, Prototipe Buku Guru, Keterampilan Proses Sains

Author Biography

Restu Yulia Hidayatul Umah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Aktamis, Hilal dan Ergin, Omer. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Student's Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements. Asia-pasific Forum on science Learning and Teaching, Vol. 9, Issue 1, Article 4, p.1 Juni 2008.

Anderson, Lorin W dan Krathwohl, David R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (terjemahan dari A taxonomy for learning, Teaching, and Assesing: a Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objective). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Fraenkel and Wallen. (2006). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Inc.

Ibrahim, M. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Mayer, R. E. (2003). The Promise of Multimedia Learning: Using the Same Instruksional Design Methods Across Different Media. New Jersey: LES.

Nieveen, Nienke. (2007). Formative Evaluation in Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur, Mohamad. (2008). Teori-Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS Unesa.

Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Rauf, Rose Amnah Abd. (2013). Incultation of Science Process Skills in a Science Classroom. Asian Social Science; Vol. 9, No. 8; 2013.

Rinarta, I Nyoman. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Tesis Magister Pendidikan Sains tidak dipublikasikan: Pascasarjana Unesa.

Rustaman, Nuryani, dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan I. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suryanti, dkk. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Surabaya: Unesa University Press.

Usman, M. Uzer dan Setiawati, Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Zohar, Anat dan Dori, Yehudit. (2012). Metakognition in Science Education Trends in Current Research. New York: Springer.

Downloads

Published

2015-09-30

How to Cite

Umah, R. Y. H. (2015). PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU SISWA DAN BUKU GURU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 6–13. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p6-13
Abstract views: 494 , PDF Downloads: 172