MEMBINCANGKAN TENTANG KOMPETENSI DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI TRITIK 2 SETELAH PEMBERIAN STIMULASI MINAT BACA REFERENSI KEPENDIDIKAN DI PERPUSATAKAAN SEKOLAH

Authors

  • Jarwo Jarwo Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pendidikan TK, SD dan PLB Kabupaten Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p254-261

Abstract

ABTRACT

Primary School Teacher Competency and Performance is an important issue to discuss. This study aims to determine the effect of increasing teacher performance in teaching after the teachers of Tritik 2 Elementary School, Rejoso District, Nganjuk Regency, East Java Province, have received training programs for their fondness for reading educational reference books. This research is a collaborative and participatory classroom action research. The author chose this method with the consideration that teachers and school coconut are the parties who directly experience and find various problems both in class and at school. This study uses two cycles. The results of the first cycle were 3 people or 25% of teachers who were classified as very active and 5 people or 75% less active, based on the results of observations in cycle I. The advantages of first cycle is teachers were very active based on the analysis of the results of the observations. Whereas the results of the second cycle were 1 person who was classified as very active and 7 people who were classified as active, based on the results of observations in the second cycle the teacher was creative in making a Learning Implementation Plan. In first cycle  to second cycle can be obtained a common thread that there has been a significant increase in teacher performance in teaching and learning activities at Tritik 2 Elementary School, Rejoso District, Nganjuk Regency, East Java Province.

Keywords: Teacher Competency, Teacher Performance, Library

 

ABSTRAK

Kompetensi dan Kinerja Guru Sekolah Dasar merupakan suatu hal yang penting untuk diperbincangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh peningkatan kinerja guru dalam mengajar setelah para guru Sekolah Dasar Negeri Tritik 2 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur mendapatkan pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku referensi kependidikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dan partisipatoris. Penulis memilih metode ini dengan pertimbangan bahwa guru dan kelapa sekolah merupakan pihak yang langsung mengalami dan menemukan berbagai masalah baik di kelas maupun di sekolah. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Hasil siklus pertama yaitu guru yang tergolong sangat aktif 3 orang atau 25 % dan tergolong kurang aktif 5  orang atau 75 %, berdasarkan hasil observasi pada siklus I. Keunggulan siklus I  2 orang guru sangat aktif berdasarkan analisis hasil observasi. Sedangkan hasil siklus kedua yaitu Guru yang tergolong sangat aktif 1 orang  dan tergolong aktif 7 orang, berdasarkan hasil observasi pada siklus II Guru   sudah  kreatif dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada siklus I hingga siklus II dapat diperoleh suatu benang merah bahwa telah terjadi peningkatan kinerja guru yang signifikan dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Tritik 2 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur.

Keywords: Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Perpustakaan

Author Biography

Jarwo Jarwo, Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pendidikan TK, SD dan PLB Kabupaten Nganjuk

Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pendidikan TK, SD dan PLB Kabupaten Nganjuk

References

Aktami, Hilal and Ergin, Omer. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Studentss Scientific Creativity, Science Attitudes, and Academic Achivements. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 9, Issue 1, Article 4, p.1.

Anni, Chatarina Tri. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asgari, Maryam & Borzooei Mahdi. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourists. Jounal of business studies quartely. Journal of Business Studies Quarterly, 5(2), 131-140.

Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Darsono, Max. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Elena, Railean. (2013). An Overview of Textbooks as Open Educational Resources. International Journal of Computer Science Research and Application, 03 (01), 68-73.

Hamalik, Oemar. (2003). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Hopkins. (1993). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud LPTK.

Kasbolah, K. (2008). Pengajaran Puisi Sebuah Penilitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Malang Press.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/subordinasi.html

Keller, J.M. (1987a, Oct.). Strategies for stimulating the motivation to learn. Performance and Instruction, 26(8), 1-7. (EJ 362 632).

Keller, J.M. (1987b). IMMS: Instructional materials motivation survey. Florida State University.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Kosdakarya.

Masud, Muhammad. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Ketetapan MPR RI. (1978). Garis-Garis Besar Haluan Negara. Bina Siswa.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Supriyadi, D. (2003). Guru di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya, Sejak Zaman Kolonial Hingga Era Reformasi. Dirjen Dikdasmen dan Direktorat Tenaga Kependidikan.

Suwarno. (1985). Pengantar Umum Pendidikan. Aksara Baru.
UU No. 20 tahun 2003.(2003). Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Media Wacana.

Widodo, R. (1989). Pedoman Pengelolaan Perpustakaan. Jakarta: Depdiknas Press.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Jarwo, J. (2020). MEMBINCANGKAN TENTANG KOMPETENSI DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI TRITIK 2 SETELAH PEMBERIAN STIMULASI MINAT BACA REFERENSI KEPENDIDIKAN DI PERPUSATAKAAN SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 254–261. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p254-261
Abstract views: 203 , PDF Downloads: 154