ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p238-245Abstract
ABTRACT
This study aimed to analyze the application of the Team Assisted Individualization (TAI) model to improve student mathematics learning outcomes and to determine the application of the Team Assisted Individualization (TAI) learning method at the elementary level. Differences in research subjects, places of research, and the abilities of students used in this article lead to differences in improving learning outcomes. The journals used are research journals from 2012 to 2018. The method chosen from each researcher is action research. At the same time, this type of research was qualitative research using meta-analysis methods. This research begins by searching for relevant journals in electronic media (internet). The data collection techniques were obtained from searching for relevant journals in electronic media (internet) to analyze the research. Based on the analysis, it could be concluded that the TAI learning model can improve student learning outcomes, with a total percentage reaching 89.62%. Furthermore, the application of the Team Assisted Individualization (TAI) learning model could be used as a reference to improve student learning outcome.
Keywords: learning outcome, mathematic, Team Assisted Individualization.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan mengetahui penerapan metode pembelajarn Team Assisted Individualization (TAI) di jenjang SD. Perbedaan subjek penelitian, tempat penelitian, dan kemampuan peserta didik yang digunakan dalam artikel ini, menimbulkan perbedaan peningkatan hasil belajar. Jurnal-jurnal yang digunakan adalah jurnal penelitian yang dimulai tahun 2012 hingga 2018. Metode yang dipilih dari tiap peneliti adalah PTK. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta-analisis. Penelitian ini diawali dengan mencari jurnal yang relevan di media elektronik (internet). Teknik pengumpulan data diperoleh dari mencari jurnal yang relevan di media elektronik (internet) dengan penelitian yang akan dianalisis. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan total presentase mencapai 89,62%. Dan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat dijadikan sebagai suatu rujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords: hasil belajar, matematika, Team Assisted Individualization.
References
Cahyaningsih, U (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/707/712
Hasanah, L. T (2018) Penerapan Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Wahana Pendidikan. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari file:///C:/Users/user/Downloads/1524-5441-1-PB.pdf
Hermawan, H., Paloloang, B., dan Sukayasa (2006) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajugan Pada Operasi Hitung Campuran. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari https://media.neliti.com/media/publications/115531-ID-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif.pdf.
Is, I. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana. Jurnal Serambi Ilmu. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari file:///C:/Users/user/Downloads/446-834-1-SM.pdf
Kosasih, E. (2014) Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan. Diakses tanggal 24 April 2020. Dari http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25.
Luki Puspitasari, Suhartono dan Ngatman: Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendekia. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari https://core.ac.uk/reader/289784010
Megawati, Y. D. Nur dan Sari, A. R (2012) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari file:///C:/Users/user/Downloads/927-2959-1-PB.pdf
Nurzakiaty, I (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal peluang. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5715
Poritas, P. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Team Assisted Individual Siswa Kelas VII-1 SMP 32 Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 142. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.4857
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Min 7 Medan Denai T.A 2018/2019. Medan: Universitas Islam Negeri.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert. Cooperative Learning. Terjemahan oleh Nurulita Yusron. (2005). Bandung: Nusa Media.
Surita, Paridjo dan Zainuddin. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Team Assisted Individualization Pembelajaran Matematika Kelas VI SDN 12 Kubu. Diakses tanggal 24 April 2020. Dari https://media.neliti.com/media/publications/214773-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-menggun.pdf
Winantika. (2014). Efektivitas Model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Andividualy (TAI) pada Materi Trapesium. Diakses tanggal 24 April 2020. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8726/0
Yuliantari, N. L. P (2016) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK N 1 Sukasada, Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE). Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari
Zai, F. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Balajar Matematika. Jurnal Global Edukasi. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

