PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Septina Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Abstract

ABTRACT

The purpose of this study was to determine the role of literacy activities, obstacles and efforts made by the school in increasing reading interest in elementary school students. This research is a qualitative research. The research subjects were the principal, teachers and fourth grade students of Kutoharjo 02 Elementary School. The technique of collecting data was through interviews, observation and documentation. Based on the results of the research it can be seen that 1) literacy activities play a role in increasing students' reading interest, 2) obstacles in carrying out literacy activities in schools include the lack of infrastructure, the methods applied are less varied and the low discipline of students in the process of habituating literacy activities, and 3 ) efforts made by the school to overcome these obstacles are by providing socialization about literacy activities, adding facilities and holding competition activities as a forum for students to actively participate.

Keywords: elementary school students, literacy, reading interest.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ni adalah untuk mengetahui peran kegiatan literasi, hambatan dan usaha yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Kutoharjo 02. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneltian dapat dilihat bahwa 1) kegiatan literasi berperan dalam meningkatkan minat membaca siswa, 2) hambatan dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah diantaranya adalah kurangnya saranaa prasarana, metode yang diterapkan kurang variatif serta rendahnya kedisiplinan siswa dalam proses pembiasaan kegiatan literasi, dan 3) usaha yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, menambah sarana serta mengadakan kegiatan perlombaan sebagai sarana partisipasi aktif siswa.

Kata Kunci: literasi, minat membaca, siswa sekolah dasar

References

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153166.

Dharma, K. B. (2013). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca SIswa di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 2934. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235248.

Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran ( THE INFORMATION LITERACY ) TIPE THE BIG6. Pena, 4, 623635.

Kasiyun, S. (2015). Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 8095. Retrieved from asean

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar¯: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Mutia, P., Atmazaki, & Nursaid. (2018). Implementasi aktivitas literasi di sma negeri batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 257266.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 1(2).

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151174.

Ruslan, & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 JANUARI 2019, 767775.

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 122127. Retrieved from http://www.mendeley.com/research/analisis-gerakan-literasi-sekolah-terhadap-minat-baca-siswa-siswa-sekolah-dasar

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Suyono Titik Harsiati Ika Sari Wulandari Universitas, 26(2), 116123.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 7892. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Wulanjani, A. Ni., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 2631. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Abstract views: 37636 , PDF Downloads: 37132