PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERMEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL

Authors

  • Damasus Pitriaraka Karuniawan Turut Universitas Negeri Surabaya
  • Aminuddin Kasdi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p220-229

Abstract

ABSTRACT

This research aims to find out the improvement of social literacy outcome by using cooperative picture and picture learning model and mind map media for students class 4th  of Coal Chatolic  Elementary School, Western Manggarai Regency. This research was Classroom Action Research by research design of Mc Taggart and Kemmis model which done in four stages that were: planning stage, action, observation, and reflection. In this research students learn about economy activities and kinds of natural resources which are related with economy activities. The method of data collection in this research are learning activity observation method and social study achievement test method. The instrument that used was learning activity observation sheet and multiple choice tests. The result of research shows that 1) on the first cycle students individual activity in amount of 2,68 with percentage 67%. Whereas students group activity in amount of 2,77 with percentage 69,2%. The post test result shows classical mean 67,31 with 65% of students are success. 2) on the second cycle the learning activities are the increased.  Students  individual activity score in amount 3,03 with percentege 76%.  While group activity score is 3,28 with percentage 81,7%. And the post test result shows classical mean 75,64 with 88% students success. Based on these result then can be concluded that by applying cooperative picture and picture learning  and by using mind map, learning process more effective and students can increase their  the ability of social literacy.

Keywords: class action research, cooperative picture and picture, mind map, social literacy.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif picture and picture pada siswa kelas IV SDK Coal, Kabupaten Manggarai Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian mengikuti model  Mc  Taggart  dan  Kemmis  yang  dilaksanakan  dalam empat  tahap  yaitu  tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 26 orang. Dalam penelitian ini siswa mempelajari materi tentang aktivitas ekonomi dan sumber daya alam yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi aktivitas belajar dan metode tes hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada siklus I tingkat aktivitas siswa secara individual mencapai skor 2,68 dengan persentase keaktifan 67%. Hasil post tes mencapai rata-rata 67,31 dengan 65% siswa mencapai ketuntasan. 2) Pada siklus II aktivitas belajar mengalami peningkatan. Aktivitas individual mencapai skore 3,03 dengan persentase 76%. Sedangakan aktivitas kelompok mencapai skore 3,28 dengan persentase 81,7%. Hasil post tes menunjukkan adanya peningkatan rata-rata 75,64 dan persentase ketuntasan mencapai 88% dari 26 orang siswa. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif picture and picture, dan menggunakan media mind map proses pembelajaran IPS menjadi lebih efektif dan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi sosialnya.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, kooperatif picture and picture, mind map, literasi sosial.

Author Biographies

Damasus Pitriaraka Karuniawan Turut, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Aminuddin Kasdi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Wahyu Sukartiningsih, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arends. (2010). Teaching for Student Learning. New York : Routledge.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, Ismet dan Haryanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Baynham, Mike. (1995). Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts. London: Longman.

Cooper, J.D. (1993). Literacy: Helping Children Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.

Costa, A. L. (1985). Development Mind Research Book for Teaching Thinking. Alexandria Firginia: The Association for Supervision and Curriculum Development.

Devi, Ratih Shintia., dkk. (2015). œEfektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal UPI . Vol. 3 edisi nomor 2 Agustus 2015.

Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Teori Belajar Dan Prinsip-Prinsip Pembelajar Yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Evrekli, Ertug., Ali Gunai Balim, dan Didem Inel. (2008). Mind Mapping Applications in Special Teaching Methods Couses for Science Teacher Candidates And Teacher Candidates Opinions Concerning The Applications. Procedia Social and Behavioural Sciences, 1(2009), 2274-2279.

Fun, Chin Sok dan Norhayati Maskat. (2010). Teacher-Centered Mind Mapping vs Student-Centered Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U Level An Action Research. Procedia Social and Behavioural Sciences, 7(c), 240-246.

Gunawan, Rudi. (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2008). Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali Press.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin. (2003). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Johnson, David W., & Roger T. Johnson. (2008). Social Interdependence Theory and Cooperative Learning: The Teachers Role. Dalam Robyn M. Gillies, Adrian F. Ashman, & Jan Terwel (Eds.), The Teachers Role in Implementing Cooperative Learning in The Classroom: An Introduction (hal. 9-37). Switzerland: Springer.

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mertler, Craig A. (2011). Action Research Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reyes, Cynthia dan Kathleen Brinager. (2015). Lessons Learned: Using The Literacy Histories of Education Students to Foster Emphaty. Hal: 327 337. Diperoleh dari http://sciencedirect.com

Sanjaya, Wina (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Santrocck, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika

Setyosari, Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Solihatin, Etin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Turut, D. P. K., Kasdi, A., & Sukartiningsih, W. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERMEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 220–229. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p220-229
Abstract views: 1054 , PDF Downloads: 731