PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA BANGUNAN CAGAR BUDAYA KOTA SEMARANG

Authors

  • Slamet Hariyadi Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Muhammad Fauzan Muttaqin Institut Daarul Quran

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p204-210

Abstract

ABTRACT

The purpose of this study was to describe the understanding of the geometry concept of the fourth grade students of SD Negeri Candi 01 after the implementation of a problem based learning model containing ethnomatematics. The research method used is descriptive method with a qualitative approach. The selection of research subjects was selected by purposive sampling technique based on the learning achievement of students, which were classified into three high, medium and low learning achievements. The subject of high learning achievement and being able to restate a concept. The subject is always active in every stage of learning activities. The subject of low learning achievement is less able to express money as a concept. They tend to be less active in the learning process which includes being less active in asking questions if they experience difficulties and in group discussions they still depend on friends and teacher guidance. All three subjects were able to use and utilize and select procedures to solve the perimeter and area of squares, rectangles and triangles, but experienced errors in determining the area and perimeter formulas for squares and rectangles. The subject of high learning achievement is the only subject that is able to apply the concept in problem solving. The subject uses the plan he devised to solve the problem and then communicates his conclusion correctly.

Keywords: Ethnomatematics, Problem Based Learning, Understanding of Geometry Concepts

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep geometri peserta didik kelas IV SD Negeri Candi 01 setelah implementasi model problem based learning bermuatan etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subyek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan prestasi belajar peserta didik, yang digolongkan menjadi tiga prestasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Subjek prestasi belajar tinggi dan sedang mampu dalam menyatakan ulang sebuah konsep. Subjek selalu aktif dalam setiap tahapan kegiatan pembelajaran. Subjek prestasi belajar rendah kurang mampu dalam menyatakan uang sebuah konsep. Mereka cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran yang meliputi kurang aktif dalam bertanya jika mengalami kesulitan dan dalam diskusi kelompok masih bergantung pada teman dan bimbingan guru. Ketiga subjek mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur untuk menyelesaikan keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga, tetapi mengalami kesalahan dalam menentukan rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Subjek prestasi belajar tinggi merupakan satu-satunya subjek yang mampu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah.  Subjek menggunakan rencana yang dibuat untuk menyelesaikan masalah, lalu mengkomunikasikan kesimpulannya dengan benar.

Kata kunci: Etnomatematika, Pemahaman Konsep Geometri, Problem Based Learning

Author Biographies

Slamet Hariyadi, Universitas Muhammadiyah Kudus

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Kudus

Muhammad Fauzan Muttaqin, Institut Daarul Quran

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Institut Daarul Quran

References

Dzulfikar, A., & Vitantri, C.A. (2017). Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3 (1): 41- 48.

Faizah, S.S., Miswadi & Haryani, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (2): 120-128.

Farda, H., Zaenuri & Sugiarto. (2017). Effectiveness of POGIL Learning Model with Ethnomathematics Nuance Assisted by Student Worksheet Toward Student Mathematical Communication Skill, Unnes Jurnal Mathematic Education . 6 (2): 223-230.

Fatimah, F., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran untuk Siswa SMP, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2): 146-153.

Febrian, F & Perdana, S.A. (2017). Memfasilitasi penalaran Geometri transformasi siswa Melalui eksplorasi motif Melayu dengan bantuan Grid, JURNAL GANTANG. 2 (2): 157-163.

Fiantika, F. R., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2017). Membangun Definisi Genetis Kubus Melalui Distorsi Dan Manipulasi Objek Spasial, Jurnal Elemen. 3 (2): 130 137.

Fitrah. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Segiempat, Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 51-70.

Jayanti, D. E. (2014). Analisis Pembelajaran dan Literasi Matematika Serta Karakter Siswa Materi Geometri dan Pengukuran, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2): 80-83.

Lintang, A.C., Masrukan & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri, Jurnal of Primary Education, 6 (1): 27-34.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Koestler, M. D. F., Tracy, N. & Sutherland, N. (2016). Supporting Prospective Teachers in Using Mathematics to Understand Our World, Teaching for Excellence and Equity in Mathematics. 7 (1): 1-20.

Marifah, E., Parno., & Nandang. (2016). Dampak Strategi Dual Safeguard Web-Based Interactive (DWGI) dengan Moel Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Suhu dan Kalor, Jurnal Pendidikan. 1 (7): 1405-1409.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani, R.A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, R.E.F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2 (2): 122-131

Setiawan, R.H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekata Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah danSikap Siswa terhadap Matematika, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2): 240-255.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem Based Learning, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2): 197-210.

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1 (2): 41-51.

Zaenuri., & Dwidayati, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 1: 471-476.

Downloads

Published

2020-09-05

How to Cite

Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA BANGUNAN CAGAR BUDAYA KOTA SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 204–210. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p204-210
Abstract views: 972 , PDF Downloads: 1458