PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA

Authors

  • Septina Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203

Abstract

ABTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of contextual learning models based on local wisdom on students' listening skills. This type of research is the Pre-Experimental Design with the One-Group Pretest-posttest design. Based on the research results, it can be concluded that there is an influence of contextual learning model based on local wisdom on students' listening skills. The results of the data analysis were the mean value of 54.31, while the mean value of students after being treated was 89.63. These data indicate that listening skills after being given the treatment of contextual learning models based on local wisdom have a higher average than before being treated. There is a significant influence on the contextual learning model based on local wisdom on students' listening skills.

Keywords: Contextual, Listening Skills, Local Wisdom 


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menyimak siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menyimak siswa. Hasil analisis data nilai mean 54,31 sedangkan nilai mean siswa sesudah diberi perlakuan yaitu 89,63. Data tersebut menunjukkan bahwa keterampilan menyimak sesudah diberi treatment model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal memiliki rata-rata yang lebih tinggi dari sebelum diberi perlakuan. terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menyimak siswa.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Keterampilan Menyimak, Kontekstual

References

Aslanoglu, Aslihan Erman dan Omer Kutlu. (2009). Factors Affecting The Listening Skill. Jurnal disampaikan pada World Conference on Educational Sciences 2009.

Bilican, S., Kutlu, O., & Yildirim, O. (2012). The Factors that Predict the Frequency of Activities Developing Students Listening Comprehension Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 52195224. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.413

Dananjaja, James. (2002). Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Indriawati, P. (2018). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 5 No . 2 Juli 2018. 5(2), 19.

Jember, U. (2017). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global.

Jurnal, R. (2019). Jurnal pgsd musi. 0711.

Kutlu, Ö., & Aslanoǧlu, A. E. (2009). Factors affecting the listening skill. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 20132022. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.354

P, B. E. (2008). Mendayaguna Kearifan Lokal ( Local Wisdom ) Menyimak Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Di Era Global. 753760.

Pujiatna, T., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Simak Berorientas Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Menyimak. Deiksis¯: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 91. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2804

Purwadi dan Swandono. (2000). BPK Menyimak Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 2128. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

Tavil, Z. M. (2010). Integrating listening and speaking skills to facilitate English language learners communicative competence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 765770. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.231

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Volume, N. (Pengembangan B. A. M. P. B., & Intermediate), I. B. P. A. T. (2015). NOSI Volume 3, Nomor 4, Agustus 2015 Halaman | 488. 3, 488496.

Zualaeha, Ida dan Fathur Rahman. (2009). Pengembangan Inovasi Pembelajaran dan Materi Ajar Bahasa Berbasis Information Communication Technology (ICT) yang Berorientasi pada Kebutuhan Kompetensi Komunikatis Siswa. Semarang: Unnes.

Downloads

Published

2020-09-05

How to Cite

Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203
Abstract views: 1454 , PDF Downloads: 1484