PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KALIRUNGKUT IV/580 SURABAYA

Authors

  • Dita Eka Wahyuni Universitas Negeri Surabaya
  • Warsono Warsono Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p179-187

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this reasearch is to describe the increase of students activity and studying achievement in applying the Teams Games Tournament learning model by using puzzle on Subthee the beauty of cultural diversity of my country in the fourth grade of SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya. This research is a class action research (PTK). This research is conductedin three cycles in which each cycles needs four steps or phases, they are planning, implementation, observation and reflection. The data collection is obtained through observation and test. The subjects of this research are 26 fourth grade students of SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya which consist of 16 male students and 10 female students. The result shows that the application of the cooperative type Teams Games Tournament learning model by using puzzle game can increase the students activity and studying achievement. It can be seen from the result of the research which shows the students activity enchancement from cycle I clasically teached 56% and include the category of enought mastery. In cycle II the students activity reached 70% and also include the category enough mastery. In cycle III it reached 82% and include the category of good mastery. The mastery percentage of the students studying achievement in cycle I clasically reached 46% (12 students). While in cycle II, it increased up to 77% (19 students) and more increased up to 85% (22 student) in cycle III which shows activity enchancement from cycle I until cycle III

Keyword : Teams Games Tournament learning model 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran teams games tournament menggunakan media puzzle pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi.Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalirungkut IV/580 dengan jumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I secara klasikal mencapai 56% masuk kategori ketuntasan cukup.Siklus II aktivitas siswa mencapai 70%masuk kategori ketuntasan cukup.Pada siklus III mencapai 82% atau kategori ketuntasan baik.Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal siklus I mencapai 46% atau 12 siswa yang tuntas. Sedangakan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77% atau 19 siswa tuntas dan meningkat lagi menjadi 85% atau 22 siswa pada siklus III.

Kata Kunci: Model Kooperatif Teams Games Turnement.

Author Biographies

Dita Eka Wahyuni, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Warsono Warsono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Waspodo Tjipto Subroto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arsyad.A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grafindo Persada

Arends, Richard I. (2007). Clasroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

Arends, Richard. Terjemahan Oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyatin Sojipto. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. (2013). Model Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : CV Yrama Widya

Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

BSNP K13. (2013). Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gave Media

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standart Isi untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Standart Nasional Pendidikan PP No.19. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar Ruzz Media

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Isjoni. (2012). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Kemmis & Taggar. (1988). The Action Research Planner. Victoria : Deakin University Press

Kemp, Jerrol E. (2011). Designing Effective Instruction Sixth Edition. United States Of America. John Wiley & Sons.Inc

Lie, Anita. (2011). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia

Mugas, Indra. (2014). Penerapan Model Pembelajaran TGT dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VC SD Islam Hidayatullah Semarang (Skripsi master tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Nur dan Wikandari. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prabowo. (2011). Metodologi Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains). Surabaya. Unesa University Press.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Ratumanan & Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press

Sadiman,Arief S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sadariman, Am. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Solihatin. Etin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Solihatin. Etin. (2014). Increasing Civics Learning Achievement by Applying Cooperative Learning: Team Game Tournament Method Volume 4, No. 11, 949-954 November 2014

Sutikno, Sobry. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombok.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo

Sugiarto, Bambang. (2010). Mengajar Siswa Belajar (Implementasi Guru di Dalam Kelas). Surabaya: Unesa University Press

Supriyono, Agus. (2019). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Pustaka Belajar

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik (Terjemahan Dari Cooperative Learning: Theory, Research And Practice). Bandung: Penerbit Nusa Media.

Syahrir. (2013). Effect of the Jingsaw and Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning on the Learning Motivation and Mathematical Skills of Junior High School Student. ISBN: 978-979-16353-7-0

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Jakarta: Ar Ruzz Media

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group

Wijayanto, Andang. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Teams Games Tournament dengan Media Teka-Teki SilangPada SiswaKelas IV SDN GunungPati 02 Kota Semarang. (Skripsi master tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Winataputra, Udin. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wulandari, Ratih. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Sanur Bali.Vol. 2 No. 1, 2014

Wyk, Michael M. Van. (2011). The Effect of Teams Games Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economic Education Students. Journal Social Science, 26 Volume 3, 183-193 (2011)

Van Dat Tran. (2014). The Effects of Cooperative Learning On The Academic Achivement and Knowledge Retention. International Jounal of Higher Education Vol. 3, No 2: 2014

Veloo, Arsaythamby and Sitie Chairhany. (2013). Fostering Students Attitudes and Achievement in Probability Using Teams Games Tournament. Science Direct, Social and Behavioral Sciences 93 (2013) 59-64

Downloads

Published

2020-09-05

How to Cite

Wahyuni, D. E., Warsono, W., & Subroto, W. T. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KALIRUNGKUT IV/580 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 179–187. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p179-187
Abstract views: 560 , PDF Downloads: 360