Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Arthropoda Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrba.v1n1.p9-17Keywords:
Lembar Kegiatan Peserta Didik, (Seacrh, Solve, Create and Share) SSCS, Ketrampilan Proses, ArthropodaAbstract
Keterampilan proses sains dapat dilatihkan dengan menerapkan konsep biologi yang berorientasi pada pendekatan saintifik untuk mengembangkan kompetensi ilmiah. Pada proses pembelajaran Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sangat penting guna menunjang aktivitas pembelajaran peserta didik. Arthropoda merupakan kelompok hewan invertebrata yang sering dijumpai di sekitar kita dan merupakan salah satu materi yang dipelajari di Biologi kelas X. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada materi Arthropoda yang layak secara teoretis yang ditinjau dari hasil validitas dan layak secara empiris yang ditinjau dari aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan respons peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D (define, design, develop, disseminate). Tahap pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi selanjutnya diujicobakan kepada 20 peserta didik MAN Sidoarjo dengan rancangan one group pre test-post test. Variabel penelitian ini meliputi validitas, kepraktisan ditinjau dari aktivitas peserta didik dan respons peserta didik, dan keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan gain score. Penelitian pengembangan LKPD berbasis SSCS berdasarkan aspek validitas memperoleh modus dengan kategori sangat valid. Penilaian berdasarkan aktivitas peserta didik memperoleh nilai 96.66% dengan kategori praktis artinya hampir semua peserta didik melakukan kegiatan pada LKPD berbasis SSCS dan respons peserta didik memperoleh nilai 96.95% dengan kategori sangat praktis. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis SSCS materi Arthropoda untuk melatihkan keterampilan proses layak secara teoretis dan empiris.
References
Ausubel, David P. (1999). The Use of Advanced Organizersmin the Learning and Retention of Meaningful Verbal Material. Journal of educational psychology. 51 : 267-272.
Duruk, U., Abuzer, A., Ceylan, D., & Fatma, G. (2017). Examining the Learning Outcomes Included in the Turkish Science Curriculum in Terms of Science Process Skills: A Document Analysis with Standards-Based Assesment. International Journal Of Enviromental & Science Education. 12 (2) : 117-142.
Febriyanti, D., Ilyas, S. Nurmaliah, C. (2014). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Melalui Penerapan Model SSCS (Search, Solve, Create And Share) pada Materi Mengklasifikasikan Makhluk Hidup di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Biologi Edukasi. 6 (2) : 43-47.
Fraser, P., & Abder. (2010). Teaching Emerging Scientist Fostering Scientific Inquiry with Diverse Learner in Grade K-2. Boston: Pearson Education Inc.
Ibrahim, M. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: University Press.
Iswantini, W & Purnomo, T. (2017). Validitas Lembar Kegiatan Peserta didik Berbasis Inkuiri pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta didik Kelas X SMA. BioEdu. 6 (3,) : 344-352
Jerome, S. B. (1960). The Process of Education. Harvard University Press Cambridge.
Lartson, C.A. (2013). Effects of Design-Based Science Instruction on Science Problem-Solving Competency Among Different Groups of High-School Traditional Chemistry Students. Thesis. University of Colorado
Lepiyanto, A. P.S.A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Peserta didik SMS Kelas X pada Materi Fungi. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. 7 (1).
Pinasthika, C. Haryono, T. Prastiwi, S. M. 2013. Aktivitas Belajar Peserta didik Sekolah Menengah Atas Menggunakan LKS Berbasis WEB Materi Kingdom Animalia. Jurnal Bioedu Unesa. 2: 293-298.
Utami, R.P. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Peserta didik. Jurnal Bioedukasi. 4 (2): 57-71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JRBA with the article license CC-BY-NC 4.0.