Tinjauan Operasional Kereta Api Barang Yang Melalui Wilayah Perawatan UPT Resor Jalan Rel IV.2 Rejosari
DOI:
https://doi.org/10.26740/proteksi.v6n2.p161-170Keywords:
kereta api barang, tonase, pulp, semen, batubaraAbstract
Operasional KA angkutan barang dengan komoditi yang diangkut berupa pulp, semen, dan batubara dalam 6 tahun terakhir mendominasi lalu lintas perjalanan KA pada wilayah perawatan UPT Resor Jalan Rel IV.2 Rejosari di Kabupaten Lampung Selatan, dan hampir setiap tahunnya terjadi peningkatan frekuensi perjalanan KA. Adanya peningkatan frekuensi perjalanan KA berdampak kepada total tonase yang melintas pada wilayah perawatan UPT Resor Jalan Rel IV.2 Rejosari. Total tonase KA tertinggi yang melintas terjadi pada tahun 2023 sebesar 37.526.832 ton, nilai tersebut masih berada dalam range daya angkut lintas tahunan yang ditetapkan untuk jalan kelas I pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60 Tahun 2012. Dengan tentu total tonase akan mengalami perbesaran nilai apabila memasukkan faktor pengali dan mempertimbangkan lalu lintas KA penumpang meskipun jumlahnya tidak signifikan, sehingga range daya angkut lintas diatas 20 juta ton untuk kelas jalan I perlu dipertimbangkan kembali mengenai berapa nilai maksimalnya, sebab jika dalam hal ini tidak ada batasan nilai range maksimalnya, akan berpotensi menimbulkan konflik dengan batasan maksimal dari spesifikasi teknis material untuk suatu jalur kereta api.
References
Arta, M., Ansosry, 2019. “Rancangan Teknis Stockpile 2 di PT Bukit Asam Tbk, Unit Pelabuhan Tarahan Lampung”. Jurnal Bina Tambang – Vol. 4, No. 1. Februari. 266-275. Universitas Negeri Padang. Padang.
Esveld, C. 2001. “Modern Railway Track 2nd Edition”. MRT Productions. Delft.
Kementerian Perhubungan. 2012. “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60”. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi. 2017. “Laporan Investigasi Kecelakaan Perkeretaapian KA 3008 KM 262+100/200 Petak Jalan Antara St. Lubukrukam-St. Peninjawan Sumatera Selatan”. Jakarta.
Kramarz, M., et al., 2022. “Reliability of The Intermodal Transport Network Under Disrupted Conditions in The Rail Freight Transport”. Research in Transportation Business & Management – Vol. 44, 100686, September, 1-15. https://doi.org/10.1016/j.rtbm.2021.100686.
Pamungkas, S.S., 2021. “Evaluasi Pemeliharaan Jalan Rel Berdasarkan Hasil Track Quality Index (TQI) Studi Kasus Jalan Rel Trip Kutoarjo-Yogyakarta”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas – Vol. 5, No.4. Oktober. 51-58. ITS, Surabaya.
Patakom, K., et al., 2020. “Kajian Pola Operasi dan Desain Penataan Emplasemen Stasiun pada Jalur Longcut Tegineneng – Tarahan”. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain – Vol. 8, No. 1. Maret. 135-146. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Railroad Administration. 2017. “Track And Rail And Infrastructure Integrity Compliance Manual”. Office Of Railroad Safety. Washington.
Yuliyanto, A., et al., 2024. “Evaluasi Rel dan Bantalan Berdasarkan Beban Angkut Lintas Kinerja Operasi Kereta Api Studi Kasus: Jalan Rel Tanjung Karang-Rejosari”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa – Vol. 13, No.41. Oktober. 26-25. Universitas Warmadewa. Denpasar.
Vatulia, G., et al., 2023. “Experimental Studies on the Strength of a Flatcar during Shunting Impacts”. Applied Science Article – Vol. 13, 4901. 1-15. https://doi.org/10.3390/app13084901.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haqiqi Abdurrohman, Edi Abdurrachman, Ocky Soelistyo Pribadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)