Pengaruh Atap Transparan Terhadap Kinerja Termal Gedung Persipda Kota Salatiga

Authors

  • Ruliyanto Ruliyanto Universitas Diponegoro
  • Eddy Prianto Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v5n2.p67-83

Keywords:

Atap transparan , bukaan atap, kinerja termal, penerangan alami, perpustakaan salatiga

Abstract

Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Persipda) Kota Salatiga memiliki tampilan arsitektural yang unik dan berbeda dengan bangunan sekitarnya, yaitu terdapat model atap transparan pada puncak atapnya. Hal ini dimaksudkan untuk memasukkan cahaya alami pada siang hari, sehingga dapat menghemat pemakaian energi. Konsep atap transparan tersebut membawa dampak pada ketidaknyamanan termal, sebab disamping memberikan sinar terang, cahaya alami dari sinar matahari juga membawa panas melalui proses radiasi. Kondisi tersebut menciptakan suhu ruang yang panas pada lantai 2. Berdasar dari permasalahan tersebut, dibutuhkan studi untuk mengevaluasi gedung Persipda sudah memenuhi kenyamanan termal atau belum dilihat dari indikator kinerja termalnya. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan cara melakukan pengukuran langsung indikator kinerja termal (temperatur & kelembaban) pada eksterior dan interior setiap lantai gedung ini. Sehingga  kinerja termal pada bangunan ini dapat diketahui secara spesifik melalui indikator kinerja termal dari masing – masing selimut bangunannya.

References

Budhyowati, M.N, 2022, "Kajian Konstruksi Atap Bangunan Hemat Energi", Jurnal Teknik Sipil Terapan, Vol. 4 No. 2 , 45–57.

Erahman, P. F., Nugroho, A. M., & Sujudwijono, N. ,2015, "Kantor Sewa dengan Pendekatan Pencahayaan Alami di Kota Malang [PhD Thesis]". Brawijaya University.

Kholistianingsih, K. ,2021, "Perencanaan dan Pemenuhan Energi Listrik Di Kota Salatiga". Teodolita: Media Komunikasi Ilmiah Di Bidang Teknik, Vol. 22 No.2, 102–110.

Kindangen, J. I., 2017, "Pendinginan Pasif untuk Arsitektur Tropis Lembab". Deepublish (CB Budi Utama).

Laksmiyanti, D. P. E., Nilasari, P. F., & Hendra, F. H, 2020, Desain Tanggap Iklim. "In Desain Tanggap Iklim". CV. Pilar Edukasi.

Lapisa, R., Setiawan, M. Y., Arwizet, F. R., & Krismadinata, N. (n.d.). "Pemanfaatan Teknik Pendinginan Pasif Untuk Meningkatkan Performa Termal Bangunan Residensial di Indonesia".

Marina, N. F.,2020, "Dampak Lapisan Konstruksi Atap terhadap Suhu Ruang". AGREGAT, Vol. 5 No.2.

Prianto, E.,2022, "Belajar Mengkaji Kinerja Termal pada Loteng Atap Kampung (Studi Eksperimen dengan Rumah Model)".

Retyanto, B. D., & Hendriani, A. S.,2018, "Aspek Ventilasi Dan Aktivitas Penghuni Menciptakan Kenyamanan Termal Rumah Vernakuler Lereng Sindoro-Sumbing". Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, Vol. 4 No.1.

Sukawi, S., Dwiyanto, A., Sari, S. R., & Hardiman, G. (2016). Keongan Atap: Model Ventilasi Atap Pada Hunian Kampung Kota Di Kampung Pendrikan Semarang. Prosiding SNST Fakultas Teknik, Vol. 1 No. 1

Published

2023-12-29
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 83 , PDF Downloads: 17