Analisa Tahapan Kegiatan Mendesak Air Baku Sumber Pitu

Authors

  • Anna Rosytha Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiel Musyawiri Suryana Balai Besar Wilayah Sungai Brantas
  • Kristian M Warella Balai Besar Wilayah Sungai Brantas

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n2.p120-125

Keywords:

katup udara, kebocoran pipa, pipa transmisi air baku

Abstract

Kegiatan Mendesak Air Baku Sumber Pitu merupakan kegiatan perbaikan jaringan pipa transmisi air baku yang bersumber dari mata air Sumber Pitu, yang mana sumber mata air ini berada di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Kegiatan mendesak disebutkan oleh karena sudah seringnya terjadi kebocoran pipa transmisi air baku sehingga mendesak untuk segera dilaksanakan perbaikan pipa transmisi air baku agar masyarakat Kota Malang tidak terlalu lama dilayani kebutuhan air minumnya dari mata air Sumber Pitu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan pelaksanaan, khususnya teknis perpipaan kegiatan mendesak perbaikan jaringan pipa transmisi sistem penyediaan air baku untuk Kota Malang, yang pengelolaannya dilakukan oleh PDAM Kota Malang. Oleh sebab itu, diperlukan pengumpulan data primer dan sekunder, yang berkaitan dengan khusunya dengan perpipaan dan aksesoriesnya, yaitu katup udara, melakukan pemeriksaan kualitas pipa GIP yang dipasok ke lapangan dan metoda pemasangan pipa yang dilakukan. Dua hal yang penting dalam pekerjaan perbaikan pipa air baku, adalah pekerjaan pipa GIP dan pemasangan katup udara serta penempatannya di jaringan, hal ini membantu pasokan air baku ke PDAM Kota Malang

References

Farley. 2008. Buku Pegangan tentang Air Tak Berekening (NRW) untuk Manajer - Panduan untuk Memahami Kehilangan Air. Konsultan Pengelolaan Kehilangan Air Internasional.

Joko, Tri. 2010. Unit Air Baku dalam Sistem Penyediaan Air Minum. – Edisi Pertama –Graha Ilmu: Yogyakarta. ISBN: 978-979-756-596-1.

Kinerja BUMD Air Minum 2021, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Linsley, R.K. dan J. Franzini. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Penerjemah Djoko Sasongko. Erlangga: Jakarta.

Peavy, Howard S., dkk. 1985. Environmental Engineering. McGraw-Hill. Singapura.

Peraturan Pemerintah Nomor 121Tahun 2015, Pengusahaan Sumber Daya Air

Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015, Sistem Penyediaan Air Minum

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 27/PRT/M/2016, Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 26/PRT/M/2014, Prosedur Operasional Standar Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum

Rosytha, A., & Cristiyan, A. 2022. Perencanaan Sistem Distribusi Air Bersih Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 4(1), 48-58.

Valmatic. 2018. Theory, Application, and Sizing of Air Valves, Val‐Matic Valve & Mfg. Corp.

Published

2022-12-12
Abstract views: 114 , PDF Downloads: 220 , PDF Downloads: 23