Analisis Kinerja Lalu Lintas dan Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Antar Jemput Sekolah di Masa New Normal (Studi Kasus : Ruas Jalan Dr. Siwabessy Ambon)

Authors

  • Richrisna Helena Waas Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Vemara Matitaputty Universitas Kristen Indonesia Maluku

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v5n1.p13-20

Keywords:

Jalan kota, kinerja, lalu lintas, kebisingan

Abstract

Ruas Jalan  Dr Siwabessy Ambon, merupakan jalan Arteri Sekunder dengan status Jalan Propinsi, melayani akses komersial dan juga pendidikan sangat ramai dengan aktivitas pendidikan di masa new normal pasca covid 19. Berlangsungnya kegiatan pendidikan di ruas jalan ini untuk jam puncak pagi dan jam puncak siang mengakibatkan dampak pergerakan lalu lintas dan kebisingan yang padat karena pergerakan antar jemput siswa maupun guru dan pegawai di setiap sekolah yang berada di ruas jalan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Kinerja Lalu Lintas dan tingkat kebisingan Akibat Aktivitas antar jemput sekolah di masa New Normal pada Ruas Jalan Dr. Siwabessy Ambon. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berdasarkan standar PKJI 2014 untuk menganalisis kinerja Lalu lintas dan aplikasi Sound Level Meter untuk menganalisis Tingkat Kebisingan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas yaitu nilai hambatan samping di ruas jalan Dr Siwabessy dalam kategori sedang, nilai derajat kejenuhan dengan nilai maksimum 0,73 dengan nilai LOS C.  Nilai kebisingan Lalu Lintas di  jalan Dr Siwabessy Ambon  berkisar antara 71-73 dB. Nilai ini menunjukkan kebisingan yang cukup tinggi dan melebihi standar baku mutu kebisingan untuk wilayah sekolah dan perdagangan serta jasa yaitu 50 – 70 dB. 

Kata Kunci: Kinerja; Lalu Lintas;Kebisingan;jalan Kota

References

Aghnia R.A. 2021. Analisis Pengaruh Kecepatan Dan Volume Kendaraan Terhadap Kebisingan Di Suatu Kawasan, Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil, Volume 2, halaman 8.

Ansusanto J. Dwijoko, Yulianti L.I.M. 2006. Tingkat Kebisingan Akibat Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan. Simposium IX FSTPT. Universitas Brawijaya Malang.

Ansusanto J. Dwijoko, Sebayang E. Agusman. 2017. Pengaruh Volume Lalulintas Di Jalan Raya Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Gedung Sekolah. Konferensi Nasional Teknik Sipil 11. Universitas Tarumanagara.

Anugra S. 2021. Pengaruh Kecepatan Dan Jumlah Kendaraan Terhadap Kebisingan (Studi Kasus Kawasan Kos Mahasiswa Di Jalan Raya Prabumulih- Palembang km 32 Indralaya Sumatra Selatan), Jurnal ISSN 2355-374X, Volume 2 Halaman 4.

Azzahra A, Imran M. 2015. Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya (Studi Kasus Jalan Jaksa Agung Soeprapto Depan SMP Negeri 6 Gorontalo). Radial – Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo, Volume 6 Nomor 1. 14 - 21 pp.

Fernanda G.R. Analisis Pengaruh Volume Dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Jalan Dr.Djunjunan Di Kota Bandung, Jurnal IRONS, Volume 2 Halaman 2.

Hidayanti, N. 2007. Pengaruh Arus Lalu Lintas Terhadap Kebisingan (Studi Kasus Beberapa Zona Pendidikan Di Surakarta). Jurnal Dinamika Teknik Sipil, Volume 7, Halaman 1.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Jakarta. Menteri Lingkungan Hidup.

Lucia. I. R. Leftrandt. 2021. Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Di Jalan Raya Di Tinjau Dari Tingkat Baku Mutu Kebisingan Yang Diizinkan, Jurnal ISSN 2337-6732, Volume 8 Halaman 2.

Makupiola Christy Agata, DKK. 2022. Kajian Kinerja Pada Ruas Jalan Nasional Perkotaan (Kasus Jalan Urip Sumoharjo Dan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar), jurnal KONSTRUKSI (Teknik, Infrastruktur dan Sains), Makasar.

Muhammad Juliansyah. 2019. Analisis Kebisingan Akibat Lalu Lintas Pada Jalan Kolonel H Burlian Di Kota Palembang (Skripsi). Universitas Sriwijaya.

Putra Banar Supriyadi. 2020. Analisis Kinerja Ruas Jalan Kartama Akibat Bangkitan Perjalanan SMP N 25 Pekanbaru, Tugas Akhir Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Ristiandi Bisma, Rudi S. Suyono, Sutarto YM, 2018, Analisis Dampak Aktivitas Sekolah Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Yayasan Pendidikan Kalimantan SD – SMP – SMA Katolik Santu Petrus Jalan Karel Satsuit Tubun No.3 Pontianak), Jurnal JELAST ( Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang) Universitas TanjungPura Vol 5 No. 2, Pontianak.

Supadi. 2009. Analisis Tingkat Kebisingan Akibat Lalu Lintas Pada Kawasan Pendidikan (Studi Kasus Jalan Di Depan SMK N 1 dan SMA N 3 Di Sukoharjo). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanti, A., Wibisono, R. E., & Ferdianto, A. 2021. Studi Perencanaan Simpang Koordinasi Jl. Dr. Soetomo Jl. RA. Kartini Jl. Pandegiling di Kota Surabaya. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(1), 20-27.

Susanti D. 2021. Analisis Tingkat Kebisingan Di Jalan Raya Yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL). Jurnal SMARtek. Volume 8, Halaman 1.

Published

2023-06-21
Abstract views: 323 , PDF Downloads: 322 , PDF Downloads: 73