Perencanaan Sistem Distribusi Air Bersih Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Authors

  • Anna Rosytha Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anton Cristiyan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n1.p48-58

Keywords:

SPAM; maduran; watercad; intermittent system

Abstract

Kecamatan Maduran yang terdiri dari 17 desa berada di Kabupaten Lamongan merupakan salah satu daerah yang mengalamai peningkatan jumlah penduduk yag cukup tinggi tetapi tidak diimbangi dengan peningkatan distribusi air minum yang baik, sehingga daerah ini sering mengalami kesuliatan air bersih khususnya di musim kemarau. Dalam studi ini dilakukan perencanaan distribusi air bersih SPAM yang akan diambilkan IPAM Kecamatan Sekarang, dimana berdasarkan data dari Perum Jasa Tirta IPAM Sekarang memiliki debit 30 l/dtk dan hanya melayani dengan besaran debit 15,18 l/dtk. Sehingga memiliki cadangan debit 14,82 l/dtk. Cadangan debit ini yang akan dihitung sampai berapa besar dapat didistribusikan ke Kecematan Maduran dengan menggunakan data pertumbuhan penduduk 10 tahun kedepan. Dengan menggunakan metode geometri diketahui perkiraan jumlah penduduk sampai dengan tahun 2029 sebesar 39.929 Jiwa dengan kebutuhan air bersih sebesar  55,47 lt/dt sehingga dari hasil perhitungan didapatkan sisa debit dari IPAM Serkarang hanya mampu mengairi 4 desa dengan total kebutuhan 12,22 l/dtk pada jam puncak. Hasil Analisis dengan Watercad V8i didapatkan diameter pipa yang efisien adalah 150mm dan 100mm. Sistem distribusi yang dapat digunakan adalah sistem bercabang dengan pump system dan menggunakan konsep intermittent system.

References

Badan Pusat Statistik, 2010. “Pedoman Perhitungan Proyeksi Penduduk Dan Angkatan Kerja". Jakarta, Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik, 2019. “Kecamatan Maduran Dalam Angka”. Kabupaten Lamongan, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan.

Damanhuri, Enri, 1989. “Pendekatan Sistem dalam Pengendalian Dan Perngoperasian Sitem Jaringan Distribusi Air Minum:. Bandung, Tehnik Lingkungan ITB.

I Putu Gustave, I G.N Kerta Arsana, 2014. “Perencanaan Sistem Jaringan Distribusi Penyediaan Air Minum Pedesaan Di Desa Kubu Kecamatan Kubu”. Denpasar, Tehnik Sipil Universitas Udayana.

M. Ibrahim, Aniek Masrevaniah, 2017. “Analisa Hidrolis Pada Komponen Sistem Distribusi Air Bersih Dengan Water Dan Watercad Versi 8 (Studi Kasus Kampung Digiowa, Kampung Mawa Dan Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai)”. Kota Malang, Tehnik Pengairan Universitas Brawijaya.

Novriyan Nasombe, Fuad Halim, 2015. “Perencanaan Sistem Pelayanan Air Bersih Di Kelurahan Bonkawir Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat:. Kota Manado: Tehnik Sipil Universitas Samratulangi Manado.

Perum Jasa Tirta 1 2019. “Master Plan Bisnis Sistim Penyediaan Air Minum Divisi Air Bersih Dan Pengembangan”. Kota Malang, PJT 1.

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum RI No 18/PRT/M/2007 tentang “Penyelenggaraan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum”. Jakarta.

Sepmita Sugiarta, 2017. “Studi Evaluasi Dan Perencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Bersih Di Cabang Sepanjang Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus: Cabang Sepanjang Kabupaten Sidoarjo)”. Kabupaten Malang Tehnik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang.

SNI 7509-2011: “Tata Cara Perencanaan Tehnik Jaringan Distribusi Dan Unit Pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum”. Jakarta.

Todar, E.Y.T. and Kamiana, I.M., 2021. Perubahan Parameter Hidrolis Pada Drainase Primer Dengan Dinding Alami Akibat Sampah Padat. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(2), pp.71-76.

Published

2022-06-06
Abstract views: 514 , PDF Downloads: 659 , PDF Downloads: 40