Pelebaran Jalan Ruas Jembatan Penanggungan - Batu Ampar (No. 354) Menggunakan Perkerasan Kaku Di Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.26740/proteksi.v2n2.p67-72Keywords:
Perkerasan kaku, LHR, CBRAbstract
Prasarana jalan yang baik merupakan sesuatu kebutuhan yang diharapkan oleh masyarakat dan merupakanfaktor penunjang lancarnya perekonomian, ekonomi, sosial dan budaya, dimanakurangnya kapasitas jalan akan
menyebabkan ketidaknyamanan kepada pengguna jalan. Mengingat kondisi ruas jalan jembatan penanggungan
batu ampar kurang maksimum dalam memberikan pelayanan sehingga diperlukan adanya peningkatan jalan
atau pelebaran jalan guna memenuhi kebutuhan lalu lintas yang semakin meningkat di kecamatan Guluk-Guluk
Kabupaten Sumenep. Maka diperlukan perencanaan dalam pembangunan/pelebaran pada ruas jalan jembatan
penanggungan batu ampar pada kanan kiri jalan tersebut. Daerah manfaat jalan yang ada dilapangan
hanya 6,0 m sehingga pelebaran pada kanan kiri jalan direncanakan menggunakan perkerasan
kaku/beton. Dari hasil survey di lapangan didapat LHR 26200 smp, nilai CBR 3,84 %, pertumbuhan
kendaraan 2% dan direncanakan Kuat Tekan Karakteristik yang direncanakan Beton (fc) 25 Mpa,
berdasarkan hasil perhitunganmenggunakan metode Bina Marga tahun 2003 didapat tebal lapis
pondasi bawah 10,0 cm dan tebal struktur perkerasan beton 22,0 cm.
References
Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT), Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997, Jakarta, Bina Karya
Hardiyatmo, Hary Christady, 2011, Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada.
Hera Ambarwati, Vinandita, 2014, Perkerasan Jalan Raya. Tugas Kuliah. Malang, Politeknik, Universitas Negeri Malang.
Nikmah, Ainun, 2013, Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Tugas Akhir, Semarang, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.
Pd-T-14-2003. 2003. œPerencanaan Perkerasan Jalan Beton semen. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 1993.Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.
Sukirman, Silvia, 1999, œDasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan.
Hardiyatmo, Hary Christady, 2011, Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada.
Hera Ambarwati, Vinandita, 2014, Perkerasan Jalan Raya. Tugas Kuliah. Malang, Politeknik, Universitas Negeri Malang.
Nikmah, Ainun, 2013, Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Tugas Akhir, Semarang, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.
Pd-T-14-2003. 2003. œPerencanaan Perkerasan Jalan Beton semen. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 1993.Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.
Sukirman, Silvia, 1999, œDasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan.
Downloads
Published
2020-12-11
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).