CONVERSATION ANALYSIS BETWEEN SHAKIRA AND JIMMY FALLON “SHAKIRA’S MUSIC TEACHER WOULDN’T LET HER JOIN THE SCHOOL CHOIR” AT THE TONIGHT SHOW

Penulis

  • Anggara Dina Meilany Universitas Dian Nuswantoro
  • Raden Arief Nugroho Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p39-48

Abstrak

Analisis percakapan adalah metode untuk menganalisis percakapan yang melibatkan dua orang
atau lebih. Analisis ini diperlukan untuk menentukan jenis aspek apa yang digunakan selama
terjadinya percakapan. Penelitian yang berjudul “Analisis Percakapan antara Shakira dan
Jimmy Fallon dalam episode” Guru Musik Shakira Tidak Membiarkan Dia Bergabung dengan
Paduan Suara Sekolah” bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aspek-aspek
analisis percakapan yang digunakan dalam percakapan talk show. Peneliti menggunakan
deskriptif kualitatif sebagai metode analisis berdasarkan teori Paltridge. Sumber data diambil
dari video Youtube di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon Channel. Penelitian ini
menghasilkan lima aspek analisis percakapan yang diterapkan seperti pembukaan, pasangan
kedekatan, pengelolaan topik, pengambilan giliran, dan umpan balik. Aspek Analisis
Percakapan yang paling dominan ditemukan dalam talkshow tersebut adalah aspek turn-taking.
Oleh karena itu, tidak ada penutupan, pengorganisasian preferensi, dan perbaikan dalam gelar
wicara tersebut.

Referensi

Ary, D., Jacobs, L. C. & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education

(8th ed.). Wadsworth: Cengage Learning.

Daniel. (2013). Communication as socio-cultural meaning exchange. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 173-177.

Daniel, I. (2013). Communication as socio-cultural meaning exchange. The example of Richard Wright's Black Boy. International Journal of Applied Linguistics and English Literature., 173-177.

Gee, J.P. & Handford, M. (2013). The Routledge Handbook of Discourse Analysis. New York: Routledge.

Giffin, K. & B. R. Patten. (1976). Basic Readings in Interpersonal Communication: Theory and applicant. New York: Harper & Row.

Gorys, K. (1997:3). Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Paltridge, B. (2000). Making Sense of Discourse Analysis. Queensland: Antipodean Educational Enterprises.

Paltridge, B. (2012). Discourse Analysis an Introduction Second Edition. London: Continuum.

Pearson & Nelson. (2000). An introduction to human communication: Understanding and sharing. Boston, MA: McGraw-Hill.

Richards, J. C., & Platt, H. (1992). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Longman.

Richards, J. C., & Platt, H. (1992). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Longman.

Seale, C., Gobo, G., Gubrium, J.F. & Silverman, D. (2004). Qualitative Research.

London: Sage.

Tannen, D., Hamilton, H.E. & Schiffrin, D. (2015). The Handbook of Discourse Analysis . Malden: Blackwell.

Verderber, R. (1999). Speech for Effective Communication. New York: Holt Rinehart and Winston.

Weekly, E. (1967). An etymological dictionary of modern English (Vol. 1). New York, NY: Dover Publications.

Wong, J. & Waring, H.Z. (2010). Conversation Analysis and Second Language Pedagogy. A Guide for ESL/EFL Teachers. London: Routledge.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-29

Cara Mengutip

Meilany, A. D., & Nugroho, R. A. (2024). CONVERSATION ANALYSIS BETWEEN SHAKIRA AND JIMMY FALLON “SHAKIRA’S MUSIC TEACHER WOULDN’T LET HER JOIN THE SCHOOL CHOIR” AT THE TONIGHT SHOW. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(1), 39–48. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p39-48
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 21