Pemanfaatan Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye sebagai Media Literasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Penulis

  • Shepta Juni Ariani Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret
  • Titi Setiyoningsih Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p116-136

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye sebagai media literasi dalam upaya penguatan profil pelajar Pancasila. Pada penelitian ini akan memfokuskan analisis novel pada dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang didapatkan melalui sikap dan tindakan tokoh utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi novel. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan cara memberi gambaran suatu hasil penelitian. Sumber data dokumen yang digunakan adalah novel yang berjudul Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada pertimbangan, tujuan, serta alasan tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye mengandung dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) bergotong royong; (3) mandiri; (4) bernalar kritis; dan (5) kreatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa novel Si Anak Cahaya layak untuk dijadikan media literasi dan penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA. Novel tersebut dapat dijadikan alternatif bacaan dalam kegiatan literasi di sekolah dan alternatif kegiatan Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5).

Kata Kunci: Novel, Media Literasi, Profil Pelajar Pancasila

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL, 6(1), 1224-1238.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (pp. 257-265). Palembang.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana J. (2014). Qualitative data analysis: A Method Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Ningrum, A. D., Sunarya, & Werdiningsih, Y. K. (2022). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Mitra Sejati Karya Tulus Stp sebagai Bahan Ajar Pembangun Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Jawa. Jisabda, 4(1), 19-26.

Prasetya, I. (2019). Jagat Sastra Indonesia. Loka Aksara.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancaasila dan Implikasinnya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.

Sania, R., Nofasari, E., & Siregar, S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel "Rumah Tanpa Jendela" Karya Asma Nadia Sebagai Penuattan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 9(2), 222-231.

Sujaya, I. M., & Ekasriadi, I. A. (2022). Pembelajaran Sastra dengan Pendekatan Interkulturalisme sebagai Wahana Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 2(1), 162-170.

Tere Liye. (2022). Si Anak Cahaya. PT jSabak Grip Nusantara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-18

Cara Mengutip

Ariani, S. J., Rakhmawati, A., & Setiyoningsih, T. (2024). Pemanfaatan Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye sebagai Media Literasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(1), 116–136. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p116-136
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 40