PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN BALIKAN SESAMA PEMELAJAR DALAM KEMAHIRAN MENULIS DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA

Penulis

  • Audrey Gabriella Titaley (SINTA ID 6756993) Universitas Negeri Surabaya Indonesia 0000-0002-2747-5810
  • Dwi Imroatu Julaikah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p190-206

Abstrak

Kesulitan orang Indonesia saat ini untuk bersikap terbuka atas kritik dan saran dan menujukkan penghargaan pada adanya keberagaman pendapat semakin mendorong perlunya pengembangan budaya akademik di Indonesia, khususnya di perguruan tinggi. Upaya pengembangan keterbukaan berpikir perlu dilakukan dan penelitian ini menyarankan penggunaan balikan sesama pemelajar di kelas menulis. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi keterbukaan pemelajar bahasa Jerman pada tingkat bahasa B2 terhadap balikan sesama pemelajar dalam kemahiran menulis pemelajar. Temuan penelitian campuran ini membuktikan bahwa pemelajar bersikap terbuka dengan balikan sesama pemelajar, karena mereka mempertimbangkan dan menggunakannya dalam perbaikan tulisan. Pemelajar juga mampu memberikan balikan yang disampaikan secara fasilitatif untuk menghargai suara penulis teks. Hasil kuesioner yang dibagikan menunjukkan sikap positif pemelajar manfaat balikan sesama pemelajar dan keinginan untuk mendapatkan balikan tersebut di masa depan.

Referensi

Darmojuwono, Setiawati (2002, Juli). Peran bahasa jerman sebagai piranti pengembangan ilmu di indonesia. Artikel dipresentasikan pada Kongres Linguistik Nasional X dari Masyarakat Linguistik Indonesia di Universitas Udayana, Denpasar, Bali.

Berg, Essy Cathrine. 1999. The effects of trained peer response on ESL students' revision types and writing quality. Journal of Second Language Writing. 8, 3, 215-241

Brinker, Klaus. (2001). Linguistische Textanalyse. 5th Ed. Berlin: E. Schmidt

Gielen, S., Peeters, E., Dochy, F., Onghena. P., Struyven, K. (2010). Improving the effectiveness of peer feedback for learning. Learning and Instruction, 20, 304-315.

Goethe-Institut. (2007). Goethe-Zertifikat B2: Prüfungsziele Testbeschreibung. München: Goethe Institut e.V.

Goethe-Institut. Gemeinsame Referenzniveaus: Beschreibung der Gemeinsamen Referenzniveaus. http://www.goethe.de/z/50/commeuro/303.htm pada tanggal 19 Juni 2018

Halimi, Sisilia Setiawati (2004). Mengurangi Beban Mengajar Mengarang: Pengembangan Siswa Belajar Mandiri. Pelba, 17, 55-85.

Hyland, Ken. (2004). Second Language Writing. Cambridge: Cambridge University Press.

Intitute Writing for Writing and Rhetoric Dartmouth. (2014). Responding to Problems: A Facilitative Approach. Dartmouth Collage. http://writing-speech.dartmouth.edu/support-writing-research-and-composing-technology/staff/responding-problems-facilitative <23 Februari 2017)

Kast, Bernd (1999). Fertigkeiten Schreiben: Fernstudieneinheit 12. Berlin: Langenscheidt.

Kleppin, Karin. (1998). Fehler und Fehlerkorrektur: Fernstudieneinheit 19. Berlin: Langenscheidt.

Mei, Ting. & Yuan Quan. 2010. A Case Study of Peer Feedback in a Chinese EFL Writing Classroom. Chinese Journal of Applied Linguistics. 33, 4. 87-98.

Narciss, Susanne. (2008). Feedback strategies for interactive learning tasks. In J. M. Spector, M. D. Merrill, J. Van Merrie¨nboer, & M. P. Driscoll (Eds.), Handbook of research on educational communications and technology (3rd ed.), 125-143) New York: Erlbaum.

Storch, Günther (2009). Deutsch als Fremdsprache – Eine Didaktik: : Theoretische Grundlagen und praktische Unterrichtsgestaltung.2nd Paderborn: Wilhelm Fink.

Straub, Richard (1996). The Concept of Control in Teacher Response: Defining the Varieties of "Directive" and "Facilitative"Commentary. Collage Composition and Communication (CCC) 47(2). 223-251. 27 Januari 2017. Diunduh dari http://writing2.richmond.edu/training/383/383restricted/straub.pdf, pada.

Triani, Cessy. (2016, Novermber). Peer Review = Critical Thinking and Academic Writing Skills?. Artikel dipresentasikan pada The Seventh Annual International Symposium of Foreign Language Learning (7th AISOFOLL Jakarta: UNJ.

Widiati, Utami. (2003). Trained Peer Response to Develop EFL Students` Positive Attitudes toward Peer Response TEFLIN Journal, XIV, 1,123-139.

Kistanto, Nurdien Harry (2000). Budaya Akademik: Kehidupan dan Kegiatan Akademik di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Jakarta: Dewan Riset Nasional, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi. 4 Juli 2018. http://eprints.undip.ac.id/3608/1/BUDAYA_AKADEMIK_DI_INDONESIA.pdf

Shen, Xi. & Tian, Xianghong. (2012). Academic Culture and Campus Culture of Universities. Canadian Center of Science and Education, 2(2), 61-65.

Taheri, Mohammad. Ansari, Mohammad Reza Jabber & Ganji, Raziyeh. (2013). The Relationship between Cultural Barriers, Open Mindedness and Organizational Innovation. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 3 (3), 364-367.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-12

Cara Mengutip

Titaley, A. G., & Imroatu Julaikah, D. (2023). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN BALIKAN SESAMA PEMELAJAR DALAM KEMAHIRAN MENULIS DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(2), 190–206. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p190-206
Abstract views: 149 , PDF Downloads: 155