PENERAPAN MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT YANG BERJUDUL “SI PAHIT LIDAH” DALAM PROSES PEMBELAJARAN TINGKAT SMA

THE IMPLEMENTATION OF LEARNING MATERIALS BASED ON THE INDEPENDENCE CURRICULUM USING FOLKLORE STORIES TITLE “SI PAHIT LIDAH” IN THE LEARNING PROCESS OF HIGH SCHOOL LEVEL

Penulis

  • Siti Salamah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p277-287

Abstrak

ABSTRAK

 

         Kegiatan menyimak merupakan keterampilan yang perlu dicapai dalam Kurikulum  Merdeka dalam satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Salah satu capaian elemen  menyimak bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan menyimak yang meliputi menganalisis dan memaknai informasi dari beragam jenis teks audio-visual (fiksi ataupun nonfiksi)    dan aural, serta meninjau dan menguji informasi topik yang didengar berdasarkan fakta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran materi pembelajaran berbasis cerita "Si Pahit Lidah" terhadap keterampilan menyimak peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan disertai metode deskriptif analitis. Menghasilkan nilai-nilai yang termuat dari cerita “Si Pahit Lidah” berupa nilai-nilai moral, pendidikan, religius, dan nilai budaya serta peran untuk merangsang motivasi menyimak, meningkatkan kemampuan analisis dan pemaknaan informasi, mengembangkan kemampuan eksplorasi informasi, dan meningkatkan kemampuan evaluasi.

 

Kata Kunci : Menyimak, Cerita Rakyat, Kurikulum Merdeka.

 

Referensi

Arikunto Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, S., & Rodiyana, R. (2021, October). Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 266-270.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A - Fase F Untuk SD/MI/ Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Kemendikbus Ristek.

Dahlia, Eva. (2017). Analisis Strukturisme dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat “Si Pahit Lidah”. Jurnal As-Salam 1 (2), 47-54

Hasyim, I. Rahmatika, M. & Ziadatu, Z. (2022). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional SAGA : Sastra, Pedadogik, dan Bahasa, 4 (1)

Jabrohim. (2012). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masni, H. Diyani, P & Sainil, A. (2021). Nilai Moral Tokoh-tokoh utama dalam kumpulan cerita rakyat legenda “ Si Pahit Lidah” karya MB. Rahimsyah. Aksara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 (2), 176-183

Moleong, J Lexy. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mufarika., & Darihastining, Susi. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 30-53.

Rahman., Widya, R N. & Yugafiati, R. (2019). Menyimak & Berbicara Teori dan Praktik. Bandung : Alqaprint Jatinangor.

Samsuni. (2023, Juni 24). Si Pahit Lidah. http://ceritarakyatnusantara.com/id/folkore/287-Si-Pahit-Lidah#

Sumiati. (2020). Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Penerbit Angkasa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-12

Cara Mengutip

Salamah, S. (2023). PENERAPAN MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT YANG BERJUDUL “SI PAHIT LIDAH” DALAM PROSES PEMBELAJARAN TINGKAT SMA: THE IMPLEMENTATION OF LEARNING MATERIALS BASED ON THE INDEPENDENCE CURRICULUM USING FOLKLORE STORIES TITLE “SI PAHIT LIDAH” IN THE LEARNING PROCESS OF HIGH SCHOOL LEVEL. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(2), 277–287. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p277-287
Abstract views: 207 , PDF Downloads: 150