ANALISIS SEMIOTIK BARTHES TAYANGAN IKLAN AQUA EDISI “NGOMONG JEPANG” PADA MEDIA TELEVISI

Penulis

  • Rida Saeful Malik Universitas Garut
  • Asep Sandi Universitas Garut
  • Alby Noersal Fauzi Universitas Garut
  • Zikri Fahrul Nurhadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p288-299

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyampaian makna pada tayangan iklan Aqua edisi “Ngomong Jepang” yang tidak tersampaikan secara utuh. Dengan begitu, fokus penelitian ini, peneliti berupaya untuk menggali makna tayangan iklan Aqua edisi “Ngomong Jepang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mejelaskan makna denotasi, konotasi, dan mitos tentang tayangan iklan Aqua edisi “Ngomong Jepang”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan paradigma kritis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni studi pustaka, dokumentasi, dan interpretatif. Maka dapat disimpulkan 3 pemaknaan berbeda melalui analisis semiotik Barthes yang terdapat pada tayangan iklan Aqua edisi “Ngomong Jepang”, yaitu makna denotatif, berisi kejadian salah satu staf menyambut delegasi dari Jepang yang gagal fokus di tengah-tengah menjalankan tugasnya. Makna konotatif, berisi miss perception dari salah satu staf yang menyambut delegasi dari Jepang akibat dehidrasi ringan. Makna mitosnya, yaitu seseorang tidak akan fokus terhadap pekerjaannya bilamana dia belum mengkonsumsi air mineral Aqua. Selain itu, brand Aqua menjadi merk air mineral yang dikenal secara luas, bahkan staf hotel sekalipun. Artinya, apapun kebutuhan air mineralnya yang menempel dalam benak masyarakat adalah brand Aqua.

Referensi

Djajasudarma, T. F. (2009). Semantik 1 : Makna Leksikal dan Gramatikal. Bandung: PT. Revika Aditama.

Fahida, S. N. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film “ Nanti Kita Cerita Hari Ini ” ( NKCTHI ) Karya Angga Dwimas Sasongko. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 1(2), 33–42.

Hoed, B. H. (2014). Semiotika & Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan (Cetakan ke-4). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Ritual Otonan Di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.10519

Mulyono, D. D. (2021). Analisis Perubahan Iklan Pada Media Televisi Dalam Acara Liputan6 Ke Media Digital Liputan6.Com. Jurkom Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 113–129. https://doi.org/https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i1.187

Octavianti, T. (2016). Efektivitas Iklan Televisi Bukalapak edisi “Gunakan Jarimu dan Jadilah Pahlawan di Bukalapak” pada Masyarakat Surabaya. JURNAL E-KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, Vol 4 No 2, 12.

Pataeda, M. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Puteri, B. D. Y. (2017). Analisis Semiotik Pada Iklan-Iklan Aqua Di Media Televisi. Paramasastra, 4(1). https://doi.org/10.26740/parama.v4i1.1492

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara. Deiksis, 10(03), 212. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wibowo, I. S. (2013). SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi (2 ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-12

Cara Mengutip

Malik, R. S., Sandi, A., Noersal Fauzi, A., & Fahrul Nurhadi, Z. (2023). ANALISIS SEMIOTIK BARTHES TAYANGAN IKLAN AQUA EDISI “NGOMONG JEPANG” PADA MEDIA TELEVISI. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(2), 288–299. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p288-299
Abstract views: 302 , PDF Downloads: 179