English

Penulis

  • Cicilia Deandra Maya Putri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p57-68

Abstrak

Kemampuan menulis telah dianggap sebagai bagian yang paling menantang dari pembelajaran bahasa asing. Situasi ini mungkin karena keterampilan menulis bukan kemampuan bawaan dan membutuhkan keterampilan kognitif peserta didik. Saat menulis, pembelajar harus mampu melakukan aktivitas yang berbeda secara bersamaan (Flynn & Stainthorp, 2006). Area kesalahan pembelajar telah banyak diteliti karena banyak yang ingin menemukan penyebab masalah menulis dan membantu pembelajar dalam meningkatkan keterampilan menulis mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan pembelajar yang dihasilkan oleh pembelajar (L2) dan menelusuri sumber kesalahan tersebut. Temuan penelitian ini menunjukkan kesalahan tata bahasa yang paling sering dilakukan oleh pembelajar L2 dalam keterampilan menulis mereka. Ini mungkin karena fakta bahwa L1 mereka mengganggu proses produksi L2 dan pengetahuan tata bahasa L2 mereka terbatas dan tidak lengkap. Penulis menyarankan untuk memiliki sampel yang lebih besar untuk studi lebih lanjut dengan tingkat kemahiran L2 yang sama atau berbeda untuk menyelidiki apakah mereka berpengaruh pada kesalahan yang dihasilkan oleh peserta didik. Selain itu, elaborasi pada setiap kategori kesalahan dan sumbernya harus diberikan untuk lebih berkontribusi pada dampak pedagogis dari penelitian ini.

Referensi

Agbay, N. G. and Reyes, Y. D. (2019). Scrutinizing Interlingual and Intralingual Error: Basis for English Writing Program. The Educational Review, USA, 3(10), 142-151.

Al-Gharabally, M. (2015). The writing difficulties faced by L2 learners and how to minimize them. International Journal of English Language and Linguistics Research, 3(5), 42–49.

Bennui, P. (2008). A study of L1 interference in the writing of Thai EFL students. Malaysian Journal of ELT Research, 4, 72-102.

Brown, H. (2007). Principles of language learning and teaching. New York: Pearson Education Inc.

Bumroongthai, G. (2011). An error analysis in English paragragh writing by students of the faculty of liberal arts, Rajamangala University of Technology Phra Nakhon. (Research report). Rajamangala University of Technology Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

Chen, L. L. (2006). The effect of the use of L1 in a multimedia tutorial on grammar

learning: An error analysis of Taiwanese beginning EFL learners’ English

essays. Asian EFL Journal, 8(2), 76–110.

Corder, S. P. (1967). The significance of learner’s errors. International Review of Applied Linguistics in Language Teaching, 5(4), 161-170.

Dulay,H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language two. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, R. (2002). Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Flynn, N., & Stainhorp, R. (2006). The learning and teaching of reading and writing. West Sussex: Wiley and Sons Ltd.

Ho, N., & Thuy, H. (2009). Teaching efl writing in Vietnam : Problems and solutions - a discussion from the outlook of applied linguistics. VNU Journal of Science Foreign Lanuguages, 25, 61–66.

Hubbard, P., et. al. (1996). A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press.

Husin, M. S., & Nurbayani, E. (2017). The Ability of Indonesian EFL Learners in Writing Academic Papers. Dinamika Ilmu, 17(2), 237–250.

James, C. (1998). Errors in language learning and use: Exploring error analysis. New York: Routledge.

Karim, A., Mohamed, A. R., Ismail, S. A. M. M., Shahed, F. H., Rahman, M. M., & Haque, M. H.(2018). Error analysis in EFL writing classroom. International Journal of English Linguistics, 8(4):122-138..

Napitupulu, S. (2017). Analyzing Linguistic Errors in Writing an English Letter: A Case Study of Indonesian Undergraduate Students. International Journal of Language and Linguistics, 5(3), 71.

Penny, W. K. (2001). An analysis of student error patterns in written English: Suggested teaching procedure to help. (Unpublished master’s thesis). University of Birmingham, Birmingham, England.

Richards, J. C. (1974). Error Analysis: Perspectives on second language acquisition. London: Longman

Subekti, A. S. (2018). Error analysis in complex sentences written by Indonesian students from the English education department. Studies in English Language and Education, 5(2), 185–203.

Zafar, A. (2016). Error Analysis: A Tool to Improve English Skills of Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 697–705.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Putri, C. D. M. (2023). English. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 57–68. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p57-68
Abstract views: 216 , PDF Downloads: 188