PENERAPAN PERMAINAN INFO BERANTAI DAN KATA MENGALIR PADA PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JERMAN KELAS X IPA 2 SEMESTER II SMAN 12 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n1.p70-83Abstrak
ABSTRAK
Dalam Penelitian ini dikaji tentang penerapan Teknik Pembelajaran Info Berantai dan Kata Mengalir dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Teknik Pembelajaran Info Berantai dan Kata Mengalir iini diterapkan supaya siswa mempunyai keberanian untuk berbicara Bahasa Jerman. Rumusan Masalah : 1. Bagaimaan penerapan teknik Permainan info berantai dan kata mengalir pada keterampilan berbicara Bahasa Jerman siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Surabaya? 2. Bagaimana hasil belajar keterampilan berbicara Bahasa Jerman melalui teknik penerapan teknik pembelajaran info berantai dan kata mengalir berbicara Bahasa Jerman siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Surabaya. 2. Mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara Bahasa Jerman melalui penerapan teknik pembelajaran info berantai dan kata mengalir berbicara Bahasa Jerman siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Surabaya.. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian :1. Teknik permainan berantai dan kata mengalir dapat digunakan dalam proses belajar mengajar Bahasa Jerman, yaitu pada keterampilan berbicara. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata – rata kelas yang meningkat, 2. Dari hasil Pre Test dan Post Test rata – rata hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara meningkat dari Pre Test 65 menjadi 82 pada Post Test.
Kata kunci : Teknik permainan info berantai, teknik permainan kata mengalir, keterampilan berbicara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)