Penelitian ini KESALAHAN EJAAN HURUF DAN TANDA BACA PADA BAHAN AJAR MEMBACA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS WIRALODRA

Penulis

  • Siti Karomah Universitas Wiralodra
  • Nana Triana Winata Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n2.p172-183

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis kesalahan ejaan huruf dan tanda baca yang terdapat pada bahan ajar “membaca” mahasiswa PBSI Universitas Wiralodra. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu teks dari buku MEMBACA (Terampil Berbahasa Melalui Membaca) edisi 2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui jenis ejaan huruf dan tanda baca yang salah dalam buku MEMBACA (Terampil Berbahasa Melalui Membaca); dan (2) menganalisis kesalahan ejaan penggunaan huruf dan tanda baca yang ada dalam buku MEMBACA (Terampil Berbahasa Melalui Membaca). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yakni  teks yang ada dalam buku MEMBACA (Terampil Berbahasa Melalui Membaca). Metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teknik observasi dan Teknik catat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 140 kesalahan yang ada dalam buku MEMBACA (Terampil Berbahasa Melalui Membaca) yang terbagi menjadi: 26 kesalahan pada tanda baca (:), tujuh kesalahan pada tanda baca (.), satu kesalahan pada tanda hubung (-), 20 kesalahan pada ejaan huruf miring, dan 86 kesalahan pada ejaan huruf kapital.

Kata Kunci: kesalahan ejaan, bahan ajar, buku membaca

Referensi

Alwi, Hasan. dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Pusat Bahasa departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka.

Gunawan, Heri Indra. Retnawati, Saptina. 2017. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Jurnal: Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis. Universitas Pamulang.

KBBI V Daring. 2016-2020. kbbi.kemdikbud.go.id. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

KBBI Daring. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurniasari, Retno. 2014. Analisis Kesalahan Ejaan pada Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas VI Sekolah Dasar Terbitan Yudistira dan Erlangga. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim pengembangan pedoman Bahasa Indonesia. 2016. PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) online. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Winata, Nana Triana. 2019. Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Media Massa Daring Detik.com. Jurnal: Bahtera Indonesia Universitas Wiralodra. Indramayu.

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Karomah, S., & Triana Winata, N. (2022). Penelitian ini KESALAHAN EJAAN HURUF DAN TANDA BACA PADA BAHAN AJAR MEMBACA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS WIRALODRA. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 9(2), 172–183. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n2.p172-183
Abstract views: 333 , PDF Downloads: 1128