Analisis Penggunaan Hedges pada Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 11

Penulis

  • Musa Efendi -
  • Titis Yekti Lestari
  • Irma Fajar Tri Utami
  • Harman Odik

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p277-288

Kata Kunci:

Hadges, Textbook, Maxim quality, Maxim quantity

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki penggunaan maksim lindung nilai kualitas dan kuantitas dalam buku ajar Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 13. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti menganalisis isi buku untuk mengidentifikasi maksim-maksim lindung nilai. Temuan ini mengungkapkan adanya lindung nilai dalam maksim kualitas dan kuantitas di seluruh buku ini. Lindung nilai kualitas maksim digunakan oleh penutur yang merasa tidak yakin dengan informasi yang disampaikannya, sedangkan lindung nilai kuantitas maksim digunakan oleh penutur yang mengakui keterbatasan informasi mengenai suatu topik. Hasil temuan terdapat 14 jenis maksim lindung nilai kualitas dan 11 jenis maksim lindung nilai kuantitas pada buku ajar Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 13. Penggunaan lindung nilai dalam buku teks ini sejalan dengan maksim percakapan Grice, khususnya maksim kualitas dan kuantitas. Analisis ini dapat membantu pendidik memahami bagaimana fitur linguistik digunakan dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan efektivitas bahan ajar.

Referensi

Brown, Penelope, & C. Levinson, Stephen. (1987). Politeness. New York: Cambridge University Press.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2002). Research methods in education. Routledge. Gay, Mills &Airasian. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. 10th Edition. USA: Pearson.

Grice, H. P. (1975). Logic and conversation. In Speech acts (pp. 41-58). Brill.

Holmes, J. (1982). Expressing doubt and certainty in English. RELC Journal, 13(2), 9-28.

Lakoff, G. (1972). Hedges: A Study in Meaning Criteria and the Logic of Fuzzy Concepts.

Chicago Linguistic Society Papers, 8, 183-228.

Saebani, B. A., & Sutisna, Y. (2018). Metode Penelitian (Edisi Revisi). Bandung: CV Pustaka Setia.

Sengming, Y. (2009). The Pragmatic development of Hedging in EFL learners.

Hongkong: City University of Hongkong.

Skelton, J. (1988). The care and maintenance of hedges John Skelton. ELT Journal, 42, 1.

Yule, G. (1996). Pragmatics. Oxford University Press.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Efendi, M., Lestari, T. Y., Utami, I. F. T., & Odik, H. . (2024). Analisis Penggunaan Hedges pada Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 11. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(2), 277–288. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p277-288
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 72