TANTANGAN MEMBACA SURABAYA 2015: MERETAS JALAN MEMBANGUN LABORATORIUM KOLABORATIF PEMBUDAYAAN LITERASI YANG EFEKTIF BAGI MASA ADOLESEN

Authors

  • Chamim Rosyidi Irsyad

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p

Abstract

Data  mutakhir  TIMSS  dan  PIRLS  2011  serta  PISA  2012  menginformasikan bahwa  tingkat  literasi bangsa  Indonesia pada urutan bawah di percaturan global. Riset  Taufiq  Ismail  tahun  1996  menyatirekan  bahwa  siswa  SMA  di  Indonesia œrabun membaca dan pincang menulis. Ikhtiar-ikhtiar yang dilakukan kelompok-kelompok pegiat literasi di Indonesia telah membuktikan hasilnya yang beraneka. Namun,  jika  jejak  langkah  ini  tidak  ditantang  oleh  sistem  pembudayaan  literasi yang pasti dan visioner, teresekusi di jalur-jalur pendidikan informal, formal, dan nonformal,  terukur,  termonitor  dan  terevaluasi,  serta  terkesinambungan, kapankah  peluang  akselerasi  gerakan  literasi membuahkan  generasi  emas  yang diidamkan?  Pencanangan  Surabaya  Kota  Literasi  telah  dilakukan  Walikota Surabaya  pada  2  Mei  2014.  Pada  2  s.d.  5  Maret  2015  program  Tantangan Membaca Surabaya 2015  telah dilaunching oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.  Dua  kebijakan  ini  meski  belum  menjadi  sistem  yang  menjamin kepastian  keberlangsungan  gerakan,  sebagai  embrio  lahirnya  Perda  dan  Perwali tentang  gerakan  literasi,  ia  telah  melempangkan  teretasnya  jalan  membangun laboratorium  kolaboratif  guna  pembudayaan  literasi  (LabKobuLi)  yang  efektif bagi  para  generasi  bangsa  usia  adolesen.  Dengan  LabKobuLi  inilah  gerakan pengeberaksaraan diberlangsungkan dengan semangat hari ini lebih baik daripada kemarin  dan  esok  lebih  baik  daripada  hari  ini.  Untuk  menyukseskan  gerakan pioner  ini,  pemeranan  dan  pemungsian  kepemimpinan  pembelajaran  sangat diperlukan.

Downloads

Published

2015-03-01

How to Cite

Irsyad, C. R. (2015). TANTANGAN MEMBACA SURABAYA 2015: MERETAS JALAN MEMBANGUN LABORATORIUM KOLABORATIF PEMBUDAYAAN LITERASI YANG EFEKTIF BAGI MASA ADOLESEN. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p
Abstract views: 694 , PDF Downloads: 402