PENGARUH MODEL PERMAINAN TARGET TERHADAP AKURASI MENGUMPAN DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW

Authors

  • Moh Hanafi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aziz Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Arif Bulqini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p23-29

Keywords:

Permainan Target, Ketepatan, Akurasi, Sepak Takraw

Abstract

Permainan target dapat digunakan untuk membantu pemain meningkatkan keterampilan mengumpan dan akurasi mengumpan sehingga pemain dapat terlatih untuk melakukan umpan kearah sasaran secara tepat, atlet dapat mengumpan sesuai sasaran yang ditetapkan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Permainan target juga merupakan permainan yang menyenangkan sehingga atlet tidak akan jenuh mengikuti treatment untuk mengatasi kesulitan mengumpan tepat sasaran. Metode latihan biasanya menggunakan metode drill. Kali ini peneliti yang juga sebagai pelatih sepak takraw akan mencoba menggunakan target lingkaran dalam upaya meningkatkan kemampuan akurasi umpan seorang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Pada penelitian ini, pengaruh yang dilihat adalah pengaruh permainan target terhadap kemampuan mengumpan. Hasil penelitian ini sebagian besar atlet mengalami peningkatan dalam tes ketepatan mengumpan. Hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar atlet memiliki skor selisih yang besar. Skor selisih tersebut diperoleh dengan mengurangkan skor post - test dengan skor pre - test. Dari 20 anak, hanya tiga anak yang tidak mengalami peningkatan ketepatan mengumpan setelah melakukan 6 kali treatement selama 12 kali pertemuan.

Author Biography

Moh Hanafi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Aziz Abdul Hakim, Sudarsono, dan Bulqini Arif. 2007. SepakTakraw. Surabaya: Unesa University Press.

Bompa, T.O., & Half, G. (2009). Periodezation Theory and Methodology of Training, 5thedition. Iowa: Kendall/Hunt.

Finanlampir. Albertus. (2020). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Surabaya: Jakad Publishing Media.

Hadisasmita, Yusuf dan Syarifudin, Aip. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tinggi Tenaga Akademik, Jakarta.

Hanafi. Moh, Aziz Abdul Hakim, dan Arif Bulqini. 2016. Buku Ajar Sepak Takraw. Adi Buana university Press.

Hanafi. M, Rangga. B. P, Margisal. U.T. 2019. Metodologi Kepelatihan Olahraga. Surabaya: Jakad Publishing.

Hanif, Achmad Sofyan. 2015. Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Rajawali Pers: Jakarta.

Hanif, Achmad Sofyan. 2015. Sepak Takraw untuk Pelajar. Rajawali Pers: Jakarta.

Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Pekik Djoko Irianto. (2018). Dasar Dasar Latihan Olahraga untuk Menjadi Atlet Juara. Bantul: Pohon Cahaya.

Rahman Rizki Pago. (2018). Pengaruh Model Latihan umpan jarak bertahap Terhadap Ketepatan umpan Dalam Permainan Sepaktakraw Pada siswa SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi: niversitas Negeri Gorontalo.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung.

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development. (Terjemah:Benedictine Widyasinta). Jakarta: Penerbit Erlangga.Sarlito Wirawan Sarwono. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Yusuf R, I. D. (2019). Pengaruh Model Latihan Umpan Terhadap Ketepatan Umpan Dalam Permainan Sepak Takraw pada Atlet PPLP Provinsi Gorontalo. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.

Yuni Satria Sumana. (2015). Pengaruh Latihan Permainan Target Terhadap Peningkatan Ketepatan Tendangan Shooting Menggunakan Punggung Kaki Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMP 2 Jetis Bantul. Diunduhdari:http://eprints.uny.ac.id/24850, pada hari Jumat, tanggal 25 Maret 2016.Pukul 13.15 WIB

Downloads

Published

2020-07-05

How to Cite

Hanafi, M., Hakim, A., & Bulqini, A. (2020). PENGARUH MODEL PERMAINAN TARGET TERHADAP AKURASI MENGUMPAN DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p23-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 782 , PDF Downloads: 720