PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN AKURASI PASSING PADA SISWA SSB BINA TARUNA TAMBAKROMO PATI

Authors

  • Ahmad Badawi Universitas PGRI semarang
  • Ibnu Fatkhu Royana Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p60-65

Keywords:

Small Sided Games, Akurasi Passing, Sepakbola

Abstract

Small sides games merupakan salah satu bentuk latihan sepak bola yang memungkinkan pemain untuk melakukan lebih banyak passing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo Pati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Bina Taruna Tambakromo yang berusia 14 tahun dengan jumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 20 siswa. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes mengoper bola rendah yang disusun oleh Subagyo Irianto dalam abdul karim dengan tingkat validitas sebesar 0,653 dan tingkat reabilitas sebesar 0,879. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,74 > 1,73), hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan small sides games terhadap peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo. Berdasarkan perbedaan hasil rata-rata (mean difference) dari pre-test dan post-test maka dapat diketahui besarnya persentase peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo sebesar 38,61%.

 

Author Biographies

Ahmad Badawi, Universitas PGRI semarang

Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

Ibnu Fatkhu Royana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Maftukin Hudah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian; suatu pendekatan praktik. (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Herdiansyah, W., & Nurasyifa, W. (2010). Mari Belajar Sepak Bola. Bogor: PT Regina Eka Utama
Karim, A. (2010). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Ketepaatan Passing Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak Bola MTs Ali Maksum Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Kusuma, I. A. (2015). Pengaruh Latihan Passing Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Siswa Sekolah Sepak Bola Kalasan Usia 10-12 Tahun. In Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas.
Scheunemann, T. (2008). Dasar-dasar sepak bola modern. Malang: Dioma.
Subagyo Irianto, dkk. (1995). Penyusunan Tes Keterampilan Bermain Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Sepakbola PUSPOR IKIP Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FPOK Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sukardi. (2015). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Badawi, A., Royana, I. F., & Hudah, M. (2019). PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN AKURASI PASSING PADA SISWA SSB BINA TARUNA TAMBAKROMO PATI. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p60-65

Issue

Section

Articles
Abstract views: 693 , PDF Downloads: 609