Tingkat Kondisi Fisik Member Senam Aerobik di Sanggar œGleonov Gym

Authors

  • Fery Febriyanti Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Jayadi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Oce Wiriawan Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jses.v1n1.p08-12

Keywords:

Senam Aerobic, Kondisi Fisik, Member Senam Aerobik, Sanggar Gleonov Gym

Abstract

Senam aerobik merupakan serangkain gerak yang dipilh secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang juga dipilih sehingga melahirkab ketentuan ritmis, kontiyuitas dan durasi tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik member senam aerobik di Sanggar Gleonov Gym. Subyek penelitian ini adalah ibu-ibu senam aerobik di Sanggar Glonov Gym yang diambil 15 orang. Metode menggunakan statistik kuantitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan tes: daya tahan otot jantung, daya tahan otot lengan, daya tahan otot perut, dan kelentukan. Kesimpulan : (1) Mayoritas  daya tahan otot jantung member senam aerobik di Sanggar Glenonov Gym adalah kurang. Tingkat prosentase daya tahan otot jantung 10% kategori sangat baik, 0% kategori baik, 20% kateegori cukup, 40% kategori kurang, dan 30% kategori kurang sekali. (2) Mayoritas daya tahan otot lengan member senam aerobik di Sanggar Glenonov Gym adalah kurang. Tingkat prosentase daya tahan otot lengan 0% kategori baik sekali, 10% kategori baik, 30% kategori cukup, 40% kategori kurang, dan 20% kategori kurang sekali. (3) Mayoritas daya tahan otot perut member senam aerobik di Sanggar Glenonov Gym adalah cukup. Tingkat prosentase daya tahan otot perut 10% kategori baik sekali, 20% kategori baik, 40% kategori cukup, dan 10% kategori kurang sekali. (4) Mayoritas kelentukan member senam aerobik di Sanggar Glenonov Gym adalah baik sekali. Tingkat prosentase kelentukan 40%  kategori baik sekali, 30% kategori baik, 20% kategori cukup, 0% kategori kurang, dan 10% kategori kurang sekali.

References

Ashadi, Kunjung. 2008. Hand Out Kepelatihan Cabanng Senam Aerobik Surabaya: JBSI FIK Unesa.

Brick, Lynne. 1994. Bugar Dengan Senam Aerobik. Rajawali Sport.

Dinata, mara. 2007. Langsing Dengan Senam Aerobik.Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya.

Fadillah, Rahmat. 2011. Cara Hidup Sehat. Banten: Talenta Pustaka Indonesia.

Fajriani, Rachmat. 2011. Mengenal Senam Alat. Jakarta: PT Wadah Ilmu.

Kemenegpora. 2006. Panduan Penetapan Paramater Tes Pada Pusat Pendidikan dan Peltihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahragawan.Yogyakarta: Asisten Deputi Pengembagan SDM Keolahragaan Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Mahardika, I Made Sriundy. 2008. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Isori Jawa Timur.

Mulyaningsih, Farida. Senam Aerobik Sebagai Wahana Pengembangan Kreatifitas Intruktur. Jurnal Olahraga, (Online), (staff.uny.ac.id/sites/default/files/131808341/Proceeding SEMORNAS-Senam Aerobik Sebagai Wahana Pengembangan Kreativitas Instruktur.pdf, Diakses 05 Juli 2014)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Team. 2006. Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. Surabaya: UNESA University Press.

Husnul, Ade, dalam Cholis. 2011. Bergembira Melakukan Senam Irama. Jakarta : PT. Wadah Ilmu.

Wijaya, Tony. 2011. Cepat Menguasai SPSS 19 untuk olah dan interprestasi. Yogyakarta: Cahaya Atma

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Febriyanti, F., Jayadi, I., & Wiriawan, O. (2018). Tingkat Kondisi Fisik Member Senam Aerobik di Sanggar œGleonov Gym. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 1(1), 08–12. https://doi.org/10.26740/jses.v1n1.p08-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 666 , PDF Downloads: 2600