ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN METODE DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST MOTORIK KASAR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • fery darmanto Universitas Negeri Semarang
  • Cahyo Yuwono Universitas Negeri Semarang
  • Supriyono Supriyono Universitas Negeri Semarang
  • Hermawan Pamot Universitas Negeri Semarang
  • Rofa Ichsandi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Tes DDST, Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Salah satu masa keemasan anak usia dini berada pada usia 0-6 tahun. Usia anak berada pada perkembangan terbaik fisik dan otak. Dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sebuah teknik pengambilan sampel yang ciri atau karakteristiknya sudah diketahui lebih dulu berdasarkan ciri atau sifat populasi. Kriteria sampel pada penelitian ini anak berusia 5-6 tahun yang terdaftar di TK-B di wilayah kecamatan Gunungpati. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah Denver Development Screening Test, metode DDST ini merupakan metode pemantauan perkembangan anak usia 0-6 tahun. Hasil Penelitian didapatkan pada TK-B pada anak usia 5-6 tahun menunjukkan sebagian anak dengan hasil normal sebanyak 220 anak (80,7%), suspect ada 50 anak (19,3%). Kesimpulannya adalah keseluruhan aspek perkembangan motorik kasar pada anak pada usia 5-6 di Kecamatan Gunungpati, Semarang adalah normal dan saran sebaiknya orang tua, khususnya ibu dapat memperhatikan perkembangan balitanya selain motorik kasar yaitu stimulasi pada 3 aspek perkembangan personal sosial, adaptif-motorik halus, dan bahasa agar perkembangan anak dapat mencapai optimal

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA
Arzu Özyürek, Isa Özkan, Zuhal Begde, N. Ferah Yavuz. (2015). Physical Education And Sports In Preschool Period. International Journal of Science Culture and Sport. 2015;3(Special Issue 3):479-488
Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Kota Semarang
Brianne A. Bruijns, Kristi B. Adamo, Shauna M. Burke, Valerie Carson, Jennifer D. Irwin, Patti-Jean Naylor, Brian W. Timmons, Leigh M. Vanderloo, Patricia Tucker. (2019). Exploring the physical activity and screen-viewing-related knowledge, training, and self-efficacy of early childhood education candidates. BMC Pediatrics. 2019;19(1):1-13
Heru Santoso W. N (2013). Petunjuk Praktis Denver Developmental Screening Test, Jakarta: Buku Kedokteran EGC 21 Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ladru Danielle Ekman, Gustafson Katarina. (2018). žYay, a downhill!Ÿ: Mobile preschool childrenŸs collective mobility practices and ždoingŸ space in walks in line. Pedagogický ÄŒasopis. 2018;9(1):87-107
Nugroho. HSW. (2009). Denver Development Screaning Test. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Rahyubi. 2012. Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media
Siti Nur Solikah, Saka Suminar. (2017). Pengaruh Pemberian Bedong Terhadap Perkembangan Motorik Bayi usia 3 Bulan. Unnes Journal of Public Health. 2017;6(3):203-208

Downloads

Published

2019-11-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 16359 , PDF Downloads: 7495