Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017

Authors

  • Akbar Ramadhan Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Arif Bulqini Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jses.v1n1.p13-19

Keywords:

Analisis, Receive, Final, Sepak Takraw

Abstract

Secara umum pengertian olahraga adalah  salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, baik secara jasmani ataupun rohani. Kebanyakan orang biasanya hanya mengartikan olahraga berupa kegiatan yang disengaja dilakukan untuk bisa meningkatkan atau menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, orang yang melakukan suatu aktivitas gerak tubuh dinamakan olahraga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase kesalahan receive tiap posisi dan mengetahui hasil analisis receive tim unesa. Kedua aspek ini dideskripsikan untuk menganalisis receive pada pertandingan final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017. Teknik lanjutan/teknik khusus dalam permainan Sepak Takraw adalah cara bermain Sepak Takraw yang bagaimana permainan itu dimulai dan apa yang harus dilakukan dalam permainan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif  adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara obyektif. Hasil penelitian adalah pembahasan tentang menerangkan efektifitas keterampilan bermain tim Unesa Surabaya pada final sepak takraw pomda jatim 2017 di Unipa Adibuana Surabaya.

References

Adam, 2016. Analisis Kondisi Fisik Atlet PBV PORPPAD Surabaya (studi pada kelompok 18 tahun). Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya.

Andini T nirmala, Aditya A pramata. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: prima media.

Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Engel, R. 2010. Dasar-dasar Sepak Takraw. Kanada: ASEC International. Pakar Raya.

Hakim, A. 2007. Sepak Takraw. Surabaya: Unesa University Press.

Hanafi, 2016. Perbandingan Latihan Bola Digantung Dan Bola Dilambungkan Terhadap Hasil Belajar Sepak Mula Dalam Permainan SepakTakraw Pada Siswa Putra Kelas X-IS 1 SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Vol. 67 ( 2.1 ) : PP 71.

Herman H, Perbedaan Ketepatan Servis Melalui Latihan Sepak Sila Dan Pantulan Bola Ke Tembok Dalam Permainan SepakTakraw. Universitas Negeri Makasar.

Iyakrus, 2011. Sistem Energi Dan Serabut Otot Dominan Pada Permainan Sepaktakraw. Penjaskes FKIP Universitas Sriwijaya. Vol 1 ( 2 ) : PP 42.

Jufrianis, 2017. Pengaruh Eksplosive Power Otot Tungkai, Flexibility Sendi Panggul Dan Percaya Diri Terhadap Keterampilan Smash Kedeng Pada Klub SepakTakraw Universitas Negeri Jakarta. Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Vol 08 (1) : PP 1-13

Maksum, Ali. 2008. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Maksum, Ali. 2008. Metode Penelitian Dalam Olahraga Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Notoadmojo,Soekidjo. 2002. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyan Achmad, 2015. Kepelatihan Dasar SepakTakraw.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi. 2013 : Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta Selatan: Change Publication Design.

Sulaiman. 2007. Sepak Takraw: Pedoman bagi Guru Olahraga, Pembinaan dan atlet. Semarang: UNNES Press.

Tim Penyusun. 2014. Panduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: University Press.

Winarno, M,E. 2011. Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zulkifli, 2015. Pengaruh Keseimbangan, Kelentukan Seni Panggul Dan Kordinasi Mata Kaki Terhadap Keterampilan Sepak Mula atas SepakTakraw. Universitas Islam Riau. Vol 14 (2) : PP 129

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Ramadhan, A., & Bulqini, A. (2018). Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.26740/jses.v1n1.p13-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1085 , PDF Downloads: 1381