PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Authors

  • Anggun Vita Loka Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p37-42

Abstract

Abstrak ” Metakognisi dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikirnya. Hal ini dikarenakan siswa sadar terhadap proses berpikirnya sendiri dan siswa dapat mengevaluasi hasil dari proses berpikirnya. Sehingga siswa dapat memperkecil kesalahan dalam menyelesaikan suatu masalah serta dapat mengatur rencana yang tepat dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan demikian siswa yang melibatkan metakognisinya dalam menyelesaikan suatu masalah akan jauh lebih baik proses belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada kelas XI SMAN 1 Kota Probolinggo tahun ajaran 2020/2021. Subjek yang dipilih yaitu satu subjek yang masing-masing mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Cara memilih seorang subjek yang mewakili satu kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yaitu subjek yang memiliki dominan pada kemampuan matematika tersebut. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan matematika, tes soal cerita dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi dalam memahami soal cerita dapat melaksanakan aktivitas metakognisi merencanakan (planning), memantau (monitoring), dan mengevaluasi (evaluating) pada tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dan rendah dalam memahami soal cerita dapat melaksanakan aktivitas metakognisi merencanakan (planning), memantau (monitoring), dan mengevaluasi (evaluating) pada tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah namun tidak pada tahap memeriksa kembali hasil yang diperoleh.

Kata kunci: Metakognisi, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Kemampuan Matematika.


Abstract ” Metacognition can help students improve their thinking skills. This is because students are aware of their own thinking processes and students can evaluate the results of their thinking processes. So that students can minimize errors in solving a problem and can set the right plan in solving a problem. Thus students who involve their metacognition in solving a problem will have a much better learning process. The purpose of this study was to describe the metacognition profile of high school students in solving story
problems on three-variable linear equation system material with high, medium and low math abilities. This research is a qualitative descriptive study conducted in class XI of SMAN 1 Kota Probolinggo in the academic year 2020/2021. The selected subject is one subject, each of which represents high, medium and low math abilities. How to choose a subject that represents a high, medium and low math ability, that is, a subject that has dominance in that math ability. The research instrument consisted of a math ability test, a
story question test and an interview guide. The results showed that subjects with high mathematical skills in understanding story problems could carry out planning, monitoring, and evaluating activities at the stage of understanding the problem, making problem-solving plans, implementing problem-solving plans and reexamining the results. which is obtained. Subjects with moderate and low mathematical skills in understanding story problems can carry out planning, monitoring, and evaluating activities at the stage of understanding the problem, making problem-solving plans, implementing problem-solving plans but not at the re-checking stage. the results obtained.


Keywords: Metacognition, Story Questions, Three Variable Linear Equation Systems, Mathematics Ability.

References

Farista, R. D. 2011. Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dawar Blandong Mojokerto. Skripsi. Tida dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Flavell, J.H. 1976. Metacognitive Aspects of Problem Solving. (Ed) The nature of intelligence. Hillsdale, New Jersey: Earlbaum Associates Inc. (Online), (http://tip.Psychology.org/meta.html) , (diakses tanggal 20 November 2019).

Fitriyah, I., dan Setianingsih. R. 2014. œ Metakognisi Siswa SMP dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa dan Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan matematika. Vol. 3 (3): hal. 122 123.

Laurens, T. 2006. œKumpulan Makalah Lengkap Pembicara Utama dan Kumpulan Abstrak Para Peserta Konferensi Nasional Matematika XIII dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia: Pengembangan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Livingston, J.A. 1997. Metacognitive An overview.
(Online) http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.html. (diakses tanggal 20 November 2019).

Permendikbud. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud. Permendikbud. 2016. Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Pratiwi, S.D. 2014. Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa.
Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Qomariyah, F. 2020. Profil Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Siagin dkk. 2016. œMetakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sekolah Menengah Atas. Pontianak: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP untan Vol 5 No 6.

Wahyuningtyas, A.D. 2019. Profil Metakognisi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Gender. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Wellman, H., 1985. The Origins of Metacognition. In D.L.Forrest-Pressley, G.E.MacKinnon, and T.G Waller (eds.), Metacognition, Cognition, and Human Performance, volume 1 Theoretical Perspectives, chapter 1. Academic Press, Inc.

Widhiastuti, T.H. 2014. Analisis Kesalahan Siswa menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2021-06-08
Abstract views: 435 , PDF Downloads: 293