Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender

Authors

  • Rizky Dian Pertiwi Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p26-36

Abstract

Abstrak ” Kemampuan komunikasi matematis adalah kecakapan seseorang dalam menggunakan istilah matematika untuk menyalurkan pemikirannya secara sistematis baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan komunikasi matematis dapat diketahui dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan kemampuan dalam mengkomunikasikan hasilnya kepada orang lain. Pengetahuan mengenai transformasi geometri berperan penting dalam perkembangan matematika siswa di sekolah karena dapat membangun kemampuan spasial, kemampuan penalaran serta membantu siswa dalam menganalisis situasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal transformasi geometri yang ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa laki laki dan dua orang siswa perempuan di salah satu sekolah menengah Kota Mojokerto dikarenakan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis yang ditunjukkan oleh siswa laki-laki dan perempuan. Berdasarkan analisis data dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa lakilaki lebih unggul dibandingkan siswa perempuan dalam kemampuan menyajikan informasi serta dalam kemampuan menggunakan bahasa matematika yang logis dan sistematis dalam proses penyelesaian soal. Sedangkan pada kemampuan menggunakan representasi matematis dalam menyatakan gagasan matematis untuk menyelesaikan soal transformasi geometri, siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama. (2) Siswa laki-laki lebih mampu menyelesaikan soal transformasi geometri dengan lebih tepat dibandingkan siswa perempuan. (3) Siswa laki-laki lebih unggul dalam menjawab soal secara tertulis, sedangkan siswa perempuan memiliki kemampuan yang baik dalam menyajikan jawaban secara lisan atau
verbal.


Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, transformasi geometri, gender.

Abstract ” Mathematical communication skills are a person's ability to use mathematical terms to express their thoughts systematically both spoken and written. Mathematical communication skills can be seen from the ability of students to solve mathematic problems and the ability to communicate the results to others. Knowledge of geometric transformations plays an important role in the development of students mathematics in school because it can build spatial abilities, reasoning abilities and help students analyze mathematical situations. This study aims to describe written mathematical communication skills in solving
geometric transformation problems in terms of gender. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. The subjects of this study are two male students and two female students in one of senior high school in Mojokerto because this study describes how mathematical communication skills are showed by male and female students. The results showed that (1) Male students' mathematical communication skills are superior to female students in the ability to present information and in the ability to use logical and systematic mathematical language in the problem solving process. Meanwhile, the ability
to use mathematical representations in expressing mathematical ideas to solve geometric transformation problems, male and female students have the same abilities. (2) Male students are more able to solve geometric transformation problems more precisely than female students. (3) Male students are superior in
answering questions in writing, while female students have good abilities in present the answer orally or verbally.


Keywords: mathematical communication skills, problem solving, gender.

References

Ada, Tuba dan Kurtulus, Aytac., 2010. Students misconceptions and errors in transformation geometry. International Journal of
Mathematical Education in Science and Technology, vol. 41(7)

Aini, Khofidhoh N., 2017. Proses Berpikir Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
Matematika. Vol. 3(1) Astuti dan Leonard, 2015. Peran Kemampuan
Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2): 102-110

Bastable, Susan B., 2002. Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-prinsip Pengajaran & Pendidikan. Jakarta: EGC. terjemahan oleh Wulandari dan Widiyanto. (Online) diakses pada 16 April 2020 tersedia: :
https://books.google.co.id/books?id=dyG0uIBfSWkC&pg=PA191&dq=pengaruh+gender+terhadaasp+pembelajaran&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiOl7SckvoAhVFX30KHW2DATcQ6AEINDAB#v=onepage&q=gender&f=false

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah.

Doreen Kimura, Sex and Cognition, Cambridge and London: The MIT Press, 1999.

Edwards, L.D., 1997. "Explore Ring the Terrority before Proof: Students' Generalization in a computer Microworld for Transformation Geometry". International Journal of Computers for Mathematical Learning, 1:187-215

Friedman, Howard S., Schustack, Miriam W. 2008. Kepribadian (Teori Klasik dan Riset Modern), Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta, Edisi Ketiga, Jakarta, Erlangga.

Harahap, 2019. Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keilmuan. Vol.1 (2).

Hardy, Hudiono, B., dan Rajiin, M., 2015. Pengaruh Gender dan Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol 4 (9).

NCTM, 2000. Principles and standards for teaching school mathematics. Restorn: NCTM.

Pane, N. S., Jaya I., dan Lubis M. S., 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data di Kelas VII Mts Islamiyah Medan. AXIOM, vol. 8 (1).

Pugalee, D.A. (2001). Using Communication to Develop Students Mathematical Litarcy. JRME. V6 January 2001.

Purnama, Imas L., dan Afriansyah, Ekasatya A., 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, vol. 10 (1).

Purwanti, Kristi L. 2013. Perbedaan Gerner terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan pada Siswa Kelas I. SAWWA: Vol 9(1).

Prayitno, S., Suwarsono, S., dan Siswono. T. Y., 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.

Prayitno, S., Suwarsono, S., dan Siswono, T. Y., 2020. Mathematical Communication Ability of Junior High School Students in Solving
Mathematics Problems. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 29 (5)

Rahmi, A., Armiati A., dan Syarifuddin H., 2018. Mathematics learning media development of based computer on translation context in senior high school. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology.

Risnawati. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif Berbantuan Program Cabri Geometry terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPs UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.

Santrock, John W., 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sulistyaningsih, Annisa dan Rakhmawati, Ellya. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Vantina, dkk., 2008. Keadilan Gender dalam Pengambilan Kebijakan: Antara Harapan dan Kenyataan (Studi Kasus pada Sekretariat Daerah Kota Samarinda Tahun 2008). Jurnal Sosial Politika Vol.15(1)

Velentzas, John dan Broni, Georgia. 2014. Communication Cycle: Definition, Process, Models And Examples. (Online) diakses pada 3 Februari 2020. Tersedia: https://studylib.net/doc/8076219/communication-cycle--definition--process--modelsand
Wijaya, dkk., 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai Dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa Smp Kelas Viii Smp Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran
Matematika, vol.4 (9).

Downloads

Published

2021-06-08
Abstract views: 886 , PDF Downloads: 1051