PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS APLIKASI MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Ahmad Sulthan Auliya Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p10-18

Abstract

Abstrak ” Menggunakan model dan strategi pembelajaran yang bervariatif merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Creative problem solving adalah model pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Penguatan keterampilan yang dimaksud adalah dengan menggunakan media pembelajaran, salah satunya dengan aplikasi maple untuk memecahkan masalah matematika. Riset ini memakai penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran creative problem solving dengan media pembelajaran maple untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah menengah atas di Surabaya pada kelas X
MIA1 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan melibatkan 30 siswa. Kegiatan dalam penelitian ini meliputi pemberian pre test, pemberian perlakuan, dan pemberian post test. Kemudian perolehan dari nilai pre test dan post test dianalisis untuk melihat kefektifan pembelajaran creative problem solving berbasis aplikasi maple. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak model pembelajaran berbasis aplikasi maple terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang didapatkan dengan uji t. Selain itu, berdasarkan uji Gain dihasilkan nilai rata-rata N-Gain 0.71 yang berada pada interval N-Gain 0.7 < 𑔠≤ 1.00, yang artinya pembelajaran creative problem solving berbasis aplikasi maple memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Selanjutnya, data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan data berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari perolehan uji normalitas data yang hasil signifikansinya > 0.05. Selain itu, data yang didapat dari penelitian ini merupakan data yang homogen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji homogenitas data yang hasil signifiansinya > 0,05.


Kata kunci: Creative Problem Solving, Maple, Berpikir Kreatif


Abstract ” Using the variety of learning models and strategies is one of the ways to grow students learning interests in mathematics learning. Creative problem solving is a learning model that focuses on teaching and problem solving skills followed by strengthening skills. Strengthening skills in question is using learning
media, one of them with maple application to solve mathematics problems. This research uses quantitative research with experiment to find out the effectivity of creative problem solving learning model with maple (learning media) to improve the ability of students creative thinking. This research was conducted at private
senior highschool in Surabaya class X MIA1 in the odd semester of the 2019/2020 school year involving 30 students. Activities in this research include giving pretest, treatment, and posttest. Then the results of the pretest and posttest scores were analyzed to determine the effectiveness of creative problem solving learning based on maple application. The results of this research indicate the influence of learning model based on maple application to students' creative thinking abilities obtained by t test. In addition, based on Gain test, the average value of N-Gain is 0.71 which is in the N-Gain interval 0.7 < 𑔠≤ 1.00. It means that creative problem solving learning based on maple application has a high level of effectiveness. Furthermore, the data obtained from this research are normal distribution data. This can be seen from the results of data normality test whose significance is > 0.05. In addition, the data obtained from this research are homogeneous data. This can be seen from the results of data homogeneity test whose significance is > 0.05.


Keywords: Creative Problem Solving, Maple, Creative thinking

References

Adjie, Narrowi dan Desti Rostika. 2006. Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Arif, M. Ziaul, dkk. 2016. Panduan Maple Untuk Guru SMA Pembelajaran Matematika Interaktif. Jember.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang, 2012. Aplikasi Maple pada Matematika. [Online] Tersedia
http://sriendang90.wordpress.com/2012/12/25/aplikasi-Maple pada-matematika/

Hamalik, O. 2008. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Algesindo.

Heal, K.M., M.L. Hansen dan K.M. Rickard. 1998. Maple V: Learning Guide. Waterloo Maple Inc. Canada.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyyah Malang Press.

Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA di Manado.

Novianggraeni, Tressyana Diraswati. 2017. Penerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah dengan Media Geogebra Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Materi Kubus dan Balok. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Pepkin, K. L. (2004). Creative problem solving in math. [Online] Tersedia http://www.mathematic.transdigit.com/mathematic-journal.html

Prasetyo dan Sumardjono,P.M. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Salatiga: Widya Sari Press.

Ristekdikti. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shadiq, Fadjar. 2010. Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic di SMP.

Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2010. Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dn R & D.Bandung: Alfabeta. Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wale, John A. 2006. Matematika Sekolah Dasar dan Menegah. Terjemahan Suyono dari Elementary and Middle School Mathematic.
Jakarta: Erlangga

Zulyadaini. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma. Jurnal Ilmiah DIKDAYA Vol 7 (nomor 1).

Downloads

Published

2021-06-08
Abstract views: 552 , PDF Downloads: 447