PEMBELAJARAN DISCOVERY DISERTAI PENULISAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO

Authors

  • Nur Hidayati SMP Negeri 1 Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p52-61

Keywords:

Pembelajaran Discovery, Jurnal Belajar, Kemampuan Kerja Ilmiah

Abstract

Kemampuan kerja ilmiah penting bagi siswa saat belajar IPA maupun masa depannya, karena melalui serangkaian kerja ilmiah, pengetahuan yang didapat menjadi lebih bermakna yang pada akhirnya siswa memiliki cara berpikir dan beraktivitas sebagai saintis melalui metode ilmiah. Kemampuan kerja ilmiah masih rendah terutama dalam merumuskan masalah dan hipotesis sehingga dibutuhkan pembelajaran yang menekankan kerja ilmiah pada setiap proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Probolinggo. Data dalam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan pembelajaran, jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery disertai penulisan jurnal belajar dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Probolinggo. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat 7.75% dari 90.50% menjadi 98.25%, terjadi peningkatan kemampuan dalam menulis jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah meningkat 23% dari 73.50% menjadi 96.50%.

References

Aji, S.D & Hudha, M.N (2016). Kerja Ilmiah Siswa SMP dan SMA melalui Authentic Problem Based Learning (APBL). Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang
Ali, T.G.P. 2011. Implementasi Pembelajaran Inkuiri dan Umpan Balik Terhadap Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan kerja ilmiah dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Probolinggo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Anjarsari, P. 2014. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam pembelajaran IPA SMP. Makalah disampaikan dalam PPM œOptimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 denganWorkshop Pengembangan LKS IPA Berpendekatan Guided-Inquiry untuk Mengembangkan Thinking Skills dan Sikap Ilmiah Siswa. Yogyakarta: UNY.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) (7).1 Penerjemah Helly Prayitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Depdiknas. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Farug, H. 2012. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Penugasan Menulis Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Fadilia, A. 2012. Pengaruh Pembuatan Jurnal Belajar dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Istiana, G.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMAN 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 2 Tahun 2015 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret
Junaidi, E. 2013. Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Pada Siswa SMP Negeri 10 Malang Kelas VIII-H. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Rustaman, N. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pembelajaran Sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia Bekerjasama dengan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 22-23 Juli 2005.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.
Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Suprihatin, dkk. 2014. Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning. Unnes Journal of Biology Education 3 (3) (2014) 275-282. Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Widiadnyana, I.W. 2014. Pengaruh Model Discovery Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Singaraja.

Downloads

Published

2017-11-03

How to Cite

Hidayati, N. (2017). PEMBELAJARAN DISCOVERY DISERTAI PENULISAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 52–61. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p52-61
Abstract views: 3770 , PDF Downloads: 2926