PENGARUH HASIL BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN

Main Article Content

Yosua Damas Sadewo
Pebria Dheni Purnasari
Sabinus Beni

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan minat dalam berwirausaha di Program Studi Kewirausahaan, sehingga hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan apakah hasil belajar pada Program Studi Kewirausahaan dapat menjadi salah satu faktor tumbuhnya minat dalam berwirausaha. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di lingkungan STIM Shanti Bhuana, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa STIM Shanti Bhuana Program Studi Kewirausahaan angkatan 2017 yang berjumlah 27 orang. Analisis pengumpulan data  menggunakan tes, tes dijadikan alat untuk mengukur hasil belajar mahasiswa terkait wawasan kewirausahaan di Program Studi Kewirausahaan, sedangkan data mengenai minat berwirausaha diambil dengan menggunakan angket pada responden yang sama. Setelah data diperoleh, maka dilakukan rekap dan analisis menggunakan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara hasil belajar Kewirausahaan terhadap minat dalam berwirausaha yang signifikan dengan besarnya pengaruh 36,3%. Berdasarkan hasil ini, maka dapat diketahui bahwa tumbuhnya minat dalam berwirausaha dapat dipengaruhi dengan nilai hasil belajar yang baik, oleh karena itu untuk mendorong hasil belajar yang baik perlu proses pembelajaran yang baik, sehingga satu dengan yang lain saling terkait.

Article Details

How to Cite
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Beni, S. (2020). PENGARUH HASIL BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p77-84
Section
Articles

References

Alimudin, A., 2013. Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. e-Jurnal Manajemen Kinerja.

Erickson, S. M. & Laing, W., 2016. A Case Study In Connecting Academia with Bussiness. Journal of Entrepreneurship Education, pp. 1-8.

Kurnianto, Putra, B. S. d. & Sulistya, I., 2012. Menumbuhkembangkan Minat Berwirausaha bagai Para Mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi. Kudus, Universitas Muria Kudus, pp. 68-72.

Kurniawan, R., 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF-6M) dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. Jornal of Entrepreneurship Education, 19(1), pp. 57-66.

Kusmintarti, A., Thoyib, A., Maskie, G. & Ashar, K., 2016. Entrepreneurial Characteristics as a Mediation of Entrepreneurial Educataion Influence on Entrepreneurial Intention. Journal of Entrepreneurship Education, 19(1), pp. 24-37.

Linan, F., Moriano, J. A. & Zarnowska, A., 2008. Teaching psychology of entrepreneurship: Perspective from six European Countries. Primera Edicion penyunt. Madrid: Closas-Orcocyen, S.L. Paracuellos de Jamara.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2019. PENDIDIKAN KETAHANAN SOSIAL DAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALISME DAN WAWASAN BELA NEGARA. BOGOR, UNIVERSITAS PERTAHANAN, pp. 64-70.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2019. Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), pp. 489-497.

Purnomo, S., 2014. Analisis Pengaruh Faktor Keluarga, Pendidikan dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 1(5).

Rasheed, H. S., 2003. Developing entrepreneurial characteritics in youth: The effects of education and enterprise experience. a draft submitted to the International Journal of Entrepreneurship Education.

Sadewo, Y. D., 2018. Hambatan dan Tantangan Program Studi Kewirausahaan di Wilayah Perbatasan. MABIS, pp. 50-56.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D. & Dimmera, B. G., 2019. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Ketahanan Nasional dan Budaya Amare. Bengkayang: PT. Tohar Media.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Peran Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa STIM Shanti Bhuana. Business, Economics and Entrepreneurship1(1), 32-38.

Sudarsih, E., 2013. Pendidikan Technopreneurship: Meningkatkan Daya Inovasi Mahasiswa Teknik dalam Berbisnis. Bogor, IPB.

Tung, L. C., 2011. The Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention of enginering students. Thesis, City University of Hong Kong, p. 36.

Wibowo, A., 2011. Pendidikan Kewirausahaan (konsep dan strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiranto, S., 2012. Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, pp. 454-466.