Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Nina Fitriya Yulaika
Harti Harti
Norida Canda Sakti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik dengan menggunakan flip book dan menggetahui  efektifitas  penggunaan bahan ajar eletronik terhadap capaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, dan development. Proses pembelajaran di kelas dilaksanakan  dengan desain one grup pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Program Studi Peminatan Ilmu Sosial di MA Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Kota Malang. Hasil dari penelitian ini didapati hasil  bahwa penggunaan bahan ajar elektronik  berbasis flip book pada pembelajaran ekonomi memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan peningkatan aktifitas peserta didik diantaranya visual, oral, mendengarkan, menulis dan emosional.

Article Details

How to Cite
Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76
Section
Articles
Author Biographies

Nina Fitriya Yulaika, UNESA

Pascasarjana UNESA

Harti Harti, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ekonomi

Norida Canda Sakti, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ekonomi

References

Akbar, S. (2013). Instrument perangkat pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan bahan ajar electronic book menggunakan software kvisoft flipbook pada materi hukum dasar kimia di SMA negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa(JIPI), 2(1), 16.

Anori, S., Putra, A., & Asrizal. (2013). Pengaruh penggunaan buku ajar elektronik dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 1 lubuk alung. Pillar of Physics Education, 1(april), 104111.

Apsari, a. N., & Kustijono, r. (2017). Development of e-book using kvisoft flipbook maker to train science process skill for senior high school students in curriculum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( jipf ). 06(03), 285291.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dendik, U. M., Wahyuni, S., & Handayani, r. D. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296301.

Doering, T., Pereira, l., & Kuechler, l. (2012). The use of e-textbooks in higher education: a case study. E-leader, june 4-6, 2012.

Ghofur, A., & Kustijono, R. (2015). Pengembangan e-book berbasis flash kvisoft flipbook pada materi kinematika gerak lurus sebagai sarana belajar siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Jipf), 04(02), 176180.

Hardiansyah, D., & Meini Sondang, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook dalam pembelajaran perakitan komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya, It-Edu, 01(02), 511.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, e. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) snf2015, iv, 4954.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, l. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis flip book maker pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(01), 8388.

Kusumam, A., Mukhidin, & Hasan, B. (2016). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(23), 2839.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar. Jogjakarta: Diva Press.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pendidikan biologi interactive media development of e-learning in welcoming 4 . 0 industrial revolution on ecosystem material for high school students pengembangan media e-learning interaktif dalam menyongsong revolusi industri 4 . 0 pada materi ekosistem. Biodik:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131138.

Setiyo, E., harlin, & Zulhermanan. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis flash flip book pada mata kuliah elemen mesin 1 di program studi pendidikan teknik mesin Universitas Sriwijaya. Invotek, 18(1), 16.

Sivasailam, T., Semmel, D. S., & Sommel, M. i. (1974). Instructional decelopment for training teachers of exception children. In a sourcebook ERIC.

Susilo, F. A. (2013). Peningkatan efektivitas pada proses pembelajaran. Mathedunesa, 2(1).

Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x SMA Negegi Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 8392.

Waller, D. (2013). Current advantages and disadvantages of using e-textbooks in texas higher education. Focus on Colleges, Universities & Schools, 7(1), 16.

Wibowo, E., & Dinda Pratiwi, D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan pendidikan merupakan sarana untuk menuju kepada pertumbuhan dan perkembangan bangsa. Pendidikan juga merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai. Desimal, 1(2), 147156.

Zulkifli, & Royes, N. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di MIN 1 Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah Pgmi, 3(2), 120133.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). Ibm guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 3949.