Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code

Main Article Content

Kemala Agustina Fatihasari
Luqman Hakim

Abstract

Diberlakukannya Kurikulum 2013 Revisi pada SMK jurusan Perbankan Syariah mengakibatkan lahirnya mata pelajaran baru yaitu Layanan Lembaga Keuangan Syariah yang mana berdasarkan survei yang dilakukan oleh peneliti ditemukan adanya masalah terkait tidak tersedianya buku ajar yang menunjang proses pembelajaran selama ini. Oleh karena itu, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar layanan lembaga keuangan syariah berbasis scientific approach dengan integrasi teknologi QR code yang berpedoman pada standar yang ditetapkan oleh BSNP dengan menguji tingkat validitas serta respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan 4-D yang direkomendasikan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan melalui tahap Define, Design, Develop, namun meninggalkan tahap terakhir yaitu Disseminate. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa validitas buku ajar apabila ditinjau dari komponen isi dan penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan memperoleh rata-rata skor validitas sebesar 85,65%. Sedangkan hasil kuisioner respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 93%. Dengan demikian buku ajar layanan lembaga keuangan syariah berbasis scientific approach dengan integrasi teknologi QR code dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi sehingga layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fatihasari, K. A., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p125-134
Section
Articles

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arianatasari, A. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 3640.

Arlianty, W. N., Febriana, B. W., & Diniaty, A. (2017). An Analysis of Learning Process Based on Scientific Approach in Physical Chemsitry Experiment. AIP Conference Proceedings, 1823(March). https://doi.org/10.1063/1.4978157

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014 Kelompok Peminatan Ekonomi. Retrieved from http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2014/05/04-EKONOMI.rar

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dikdasmen. KI & KD SMK/MAK Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah (2017).

Durak, G., Ozkeskin, E., & Ataizi, M. (2016). QR Codes in Education and Communication. Turkish Online Journal of Distance Education, 17.

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 8691. https://doi.org/10.15294/IJAL.V3I2.13003

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif¯: Teori Jean Piaget, 3, 2738.

Karahan, E., & BÄ°lÄ°cÄ°, S. C. (2017). Use of QR Codes in Science Education¯: Science Teachers Opinions and Suggestions, 11(1), 433457.

Margana, M., & Widyantoro, A. (2017). Developing English Textbooks Oriented to Higher Order Thinking Skills for Students of Vocational High Schools in Yogyakarta. Journal of Language Teaching and Research, 8(1), 26. https://doi.org/10.17507/jltr.0801.04

Mohammadi, M., & Abdi, H. (2014). Textbook Evaluation: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98(1994), 11481155. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.528

Mulyasa. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (2014).

Permendikbud. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah (2014).

Ratih, N. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(2), 160166.

Rikala, J., & Kankaanranta, M. (2014). Blending Classroom Teaching and Learning with QR Codes. Proceedings of the 10th International Conference on Mobile Learning 2014, ML 2014, 141148.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 5972.

Sari, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berbasis QR Barcode Pada materi Sejarah Lokal Malang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Retrieved from http://aquila.usm.edu/jetde/vol3/iss1/7

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Kelas VII SMP N 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 3342.

Sulistyo, C. F., & Suprianto. (2014). Pemanfaatan Teknologi Quick Response Code (QR Code) untuk Verifikasi Pendaftaran Online Calon Siswa Baru di SMK ITABA Gedangan - Sidoarjo.

Syafii, A. G. (2017). Warna dalam Islam. Jurnal Pemikiran Islam, 41(1), 6270.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.