Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Periode 2017

Main Article Content

Muhammad Firman Hardiansah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Keaktifan Berorganisasi  dan Budaya Organisasi dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Periode 2017. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan populasi Pengurus Hima JPE periode 2017 yang berjumlah 45 Mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, kuisioner. Uji Coba Instrumen yaitu dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Uji Korelasi. Bedasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik sebesar 0,303 dan untuk signifikansi bernilai 0,043, sedangkan hubungan antara Budaya Organisasi dengan prestasi akademik sebesar 0,374 dan untuk signifikansi bernilai 0,011. Sehingga Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik memiliki hubungan cukup kuat dan signifikan. Sedangkan untuk Budaya Organisasi dengan prestasi akademik memiliki hubungan cukup kuat dan signifikan.

Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Budaya Organisasi, Prestasi Akademik

Article Details

How to Cite
Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Periode 2017. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p47-54
Section
Articles

References

Asrizon, R. (2016). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Fasiltas Belajar Dan Lingkungan Kampus Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Retrieved from jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/download/3982

H.Schein, E. (2010). Organizational Culture and Leadership (4th Editio). San Francisco: Jossey-Bass.

Ismaniar, H. (2015). Manajemen Unit Kerja. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Judge, R. and. (2013). Organizational Behavior. United States of America: Christian Holdener, S4 Carlisle Publishing Services.

Knight, C. M. H. and J. (n.d.). Student Participation in Collegiate Organizations Expanding the Boundaries. Retrieved from google schoolar

Sahputera, N. (2009). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan. Retrieved from repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14291/1/09E00579.pdf

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyasa, L. & P. T. Y. S. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis, Vol. 8, 7199.

Zarfiel, M. D. (2015). Akselerasi (A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT.Grasindo.