Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Hasil belajar peserta didik sering dijadikan sebagai tolak ukur sejauh mana peserta didik dapat berkembang, memiliki fasilitas belajar di rumah tanpa adanya motivasi tidak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan maksimal, dengan kata lain jika memiliki fasilitas belajar di rumah yang memadai namun tidak pernah digunakan atau memiliki motivasi tinggi namun tidak memiliki alat pendukung untuk dapat mewujudkan tujuan pendidikan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya, sedangkan sampel penelitian sebanyak 123 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan hasil penelitian yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan positif antara variabel motivasi terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya, terdapat pengaruh signifikan negatif antara variabel fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya, terdapat pengaruh signifikan positif antara variabel motivasi dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya.
Article Details
References
Achyanadia, S. (2013). Hubungan Kebiasaan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ciseeng. Jurnal teknologi pendidikan, 2(1), 1-14.
Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedispilinan Siswa, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.
Cools, E., Vanderheyden, K., & Backhaus, K. (2014). The Impact of Student Style Differences and Motivation on Learning Outcomes in Management Education: An International Inquiry. Reflecting education, 9(2), 85-100.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Farid, M. M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Lingkungan Belajar pada Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 142-156.
Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyanti, M. (2016). Analisis Kebiasaan Belajar Di Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1-5.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1-12.
Jeffrey, I., & Zein, A. (2017). The Effects Of Achievement Motivation Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research, 7(9), 15471-15478.
Limon, M. R. (2016). The Effect Of The Adequacy Of School Facilities On Student Performance And Achievement In Technology And Livelihood Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 5(1), 45-58.
Listiani, N. M. (2014). Pengaruh Kreatifitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 264-276.
Mulyadi. (2006). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Murtiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 178-191.
Nurcahyo, Y. E. (2014). Hubungan Cara Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Rem Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Taman Vokasi, 1(2), 403-413.
Rohma, N. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Romadhina, C. A., Masyhud, M. S., & Irvan, M. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 90-98.
Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Roesminingsih, M. V., & Susarno, Hadi, L. (2015). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkaji dan Pengembangan Ilmu Pendidikan.