Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA

Main Article Content

Eka Nur Aini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan persepsi terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 Unesa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan Pemodelan Persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan WarpPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 Unesa, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 Unesa, dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan persepsi terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 Unesa, yaitu berpengaruh sebesar 39%, dan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p83-96
Section
Articles

References

Ardyani, Anis dan Lyna Latifah. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education AnalysisJournal3 (2) 2014. Hal 232-240.

Arifin, Muhammad. (2014). Hubungan Kemampuan Efikasi Diri Dan Kemampuan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru TIK Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 37, No. 2, September 2014. Hal 129-136.

Astarini, Ita, dan Amir Mahmud. (2015). Pengaruh Self Efficacy, Prestise Profesi Guru dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2011 FE Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Economic Education Analysis Journal, 4 (2) 2015. Hal 468-481.

Bakar, dkk. (2014). Teaching as a Career Choice: a Discriminant Analysisof Factors as Perceived by Technical and Vocational Education (TVE) Student Teachers in Malaysia. Middle-East J. Sci. Res 19 2014. Hal 69-75.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hurlock, Elizabeth B. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi 6. Jakarta:Erlangga. Mulyana,

Agus dan Waluyo, Indarto. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi (Edisi 8 Tahun 2016). Hal 1-10.

Mukhid, Abdul. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadrîs. Volume 4. Nomor 1. Hal 107-122.

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 20, No. 1-2, 2012. hal: 1825. Rustika, I Made. (2012). œEfikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Fakor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Solimun. (2017). Metode Statistika Multivariate Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan warlPLS. Malang: UB Press

Wahyuni, Desti. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal 6 (3) (2017). Hal: 669-682.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogjakarta: Andi Offset.