Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Universitas Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya

Main Article Content

Anggraini Puspitasari
Finisica Dwijayati Patrikha

Abstract

Pendidikan merupakan prioritas terpenting bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini terjadi karena masyarakat mempunyai harapan dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Jenjang yang lebih tinggi tersebut yaitu kuliah, dimana siswa akan dihadapkan pada pemilihan berbagai jenjang pendidikan mulai dari Diploma (DI, DII, dan DIII) maupun Sarjana (S1). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan Universitas pada siswa kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis pendekatan kuantitatif dan bersifat confirmatori. Teknik sampel menggunakan proportional random sampling, dengan sampel 190 responden dan populasi 362. Hasil penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan Universitas pada siswa kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya yaitu kelompok referensi, citra lembaga, motivasi, keluarga, lokasi, dan harga. Faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah kelompok referensi, citra lembaga, motivasi, keluarga, lokasi, dan harga.

Article Details

How to Cite
Puspitasari, A., & Patrikha, F. D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Universitas Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p1-10
Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2003. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. (5th ed). Bandung: Alfabeta

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Artini, I Dewa Ayu Juli, I Ketut Kirya, dan I Wayan Suwendra. 2014. œFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) sebagai Tempat Kuliah. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2.

Desy, Elfira. 2016. œPengaruh Brand Image,Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Jurnal Ilmiah œDunia Ilmu. Vol.2 No.1.

Hurriyati, Ratih. 2010. œBauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kompas. 2011. Memilih Perguruan Tinggi dan Masa Depan. http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/02/14061246/Memilih.Perguruan.Tinggi.dan.Masa.Depan. (Online). Diakses 20 Februari 2017.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran (1st ed). Yogyakarta : Graha Ilmu

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannnya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Cetakan Ketiga. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Malholtra, Naresh. 2005. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia.