Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, tipe belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat baik secara simultan maupun secara parsial terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan pasar dan elastisitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Grogot dan SMA Negeri 2 Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 359 orang, dimana jumlah
sampel sebanyak 189 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi, tipe belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa, sedangkan secara parsial variabel motivasi, tipe belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan pasar dan elastisitas di SMA Negeri Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.
Arylien Ludji Bire, Uda Geradus, dan Josua Bire. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Pascasarjana Universitas Nusa Cendana. Jurnal Kependidikan, Volume 44, Nomor 2, November 2014, Halaman 168-174.
Babul Hasanah. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Marawola. E-Journal Geo-Tadulako UNTAD
Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Barnadib, Imam. 1999. Filsafat Pendidikan Suatu Tujuan, Yogyakarta: Andi Offset
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Deppoter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2015). Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Gunarsa, SD. dan Gunarsa, Yulia SD. 2009. Psikologi Untuk Pembimbing. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
Lee, I-Chao. 2010. The Effect Of Learning Motivation, Total Quality Teaching an Peer-Assted Learning On Study Achievement: Empirical Analysis From Vocational University Or Colleges, Student In Taiwan. Journal of Human resource and Adult Learning. 6(2), 56-73
Lilis Puspitasari. 2008. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 Jurusan Penjualan di SMK PGRI 02 Malang. Malang: Digital Library Universitas Negeri Malang
Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono, Kartika Nur Fathiyah, Farida Agus Setiawati, Farida Harahap, dan Siti Rohmah Nurhayati. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sudjana, Nana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Universitas Cendrawasih. Jurnal Keperawatan Soedirman. Vol. 1. No 1.
Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Genesindo
Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara