Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kredibilitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di SMA
Main Article Content
Abstract
Kurangnya kemampuan belajar mandiri yang dilakukan oleh peserta didik dalam melakukan pembelajaran Hybrid di SMA Labschool Unesa 1 akibat ketergantungan pada metode pembelajaran yang dilakukan secara langsung atau Teacher’s center berdampak pada hasil belajarnya yang menurun. Sehingga guru dituntut untuk memiliki kredibilitas yang tinggi dalam menembangkan metode pembelajaran yang bervariatif yang mampu mendorong peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis hubungan dan pengaruh kredibilitas guru (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Labschool Unesa 1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 91 peserta didik kelas X yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan bantuan Software WarpPLS. Adapun hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan kredibilitas guru tidak berpengaruh positif pada hasil belajar peserta didik. Namun ketika guru yang memiliki kredibilitas tinggi dengan disertai kemandirian belajar pada masing – masing peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan sistem Hybrid tersebut maka dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Sehingga penelitian ini nantinya dapat dijadikan motivasi bagi sekolah dalam meberikan pemahaman pentingnya belajar mandiri pada peserta didiknya serta dapat dijadikan referensi bagi peneliti lainnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada.
Binjai, T. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Administrasi Umum Siswa Smk Swasta Paba.
Brookfield, S. D. (2006). The Skillful Teacher : On Technique, Trust, And Respon-siveness In The Classroom. John Wiley & Sons, Inc.
Fatmawati, F., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 399. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7411
Ghofur, M. A. (2013). Kredibilitas Dan Otentisitas Guru Kewirausahaan Terhadap Karakter Kewirausahaan Siswa Smk Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 39. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p39-52
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Kurniawan, K. (2018). Perhatian Orang Tua Terhadap pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Smart School Makassar. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2). https://doi.org/10.24252/diwan.v4i2.5616
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Nurfalah, F., Maya, L., & Widiyanti, W. (2011). Pengaruh Kredibilitas Dan Kepribadian Dosen Dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 9(2), 247302. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.9.2.
Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., & Ghofur, M. A. (2020). Pengajar Kredibel dan Mahasiswa Jujur: Literasi Ekonomi Tinggi? Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 60. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.23521
Selimayati, S., & dkk. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 6.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya Press.
Sulfem, W. B. (2019). pendidikan yang berkualitas dimulai dari kompetensi guru. KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU.
Yona, E., & Wahid, S. (2018). Hubungan antara Kredibilitas Tutor dengan Minat Belajar Peserta Didik di Bimbingan Belajar Sempoa di Jalan Panjaitan Simpang IV Pasar Batusangkar. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100669