Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kredibilitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di SMA

Main Article Content

Siti Mas'ulah

Abstract

Kurangnya kemampuan belajar mandiri yang dilakukan oleh peserta didik dalam melakukan pembelajaran Hybrid di SMA Labschool Unesa 1 akibat ketergantungan pada metode pembelajaran yang dilakukan secara langsung atau Teacher’s center berdampak pada hasil belajarnya yang menurun. Sehingga guru dituntut untuk memiliki kredibilitas yang tinggi dalam menembangkan metode pembelajaran yang bervariatif yang mampu mendorong peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis hubungan dan pengaruh kredibilitas guru (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Labschool Unesa 1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 91 peserta didik kelas X yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan bantuan Software WarpPLS. Adapun hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan kredibilitas guru tidak berpengaruh positif pada hasil belajar peserta didik. Namun ketika guru yang memiliki kredibilitas tinggi dengan disertai kemandirian belajar pada masing – masing peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan sistem Hybrid tersebut maka dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Sehingga penelitian ini nantinya dapat dijadikan motivasi bagi sekolah dalam meberikan pemahaman pentingnya belajar mandiri pada peserta didiknya serta dapat dijadikan referensi bagi peneliti lainnya.

Article Details

How to Cite
Mas’ulah, S. (2021). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kredibilitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di SMA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 119–132. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n2.p119-132
Section
Articles

References

Ahmad, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.

Arief, M., Ni’matush Sholikhah, R. , & Fiky Prakoso, A. (2019). Does the “Idaman Jelita” Character of Universitas Negeri Surabaya Influence Students Economics Literacy? History Article. Dinamika Pendidikan, 14(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.22214

Arif, M. Z., Soeryanto, & Yunus. (2021). Strategi Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Di Masa Pandemi Covid 19. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 03, 2–9.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), 59–72.

Binjai, T. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Administrasi Umum Siswa Smk Swasta Paba.

Brookfield, S. D. (2006). The Skillful Teacher : On Technique, Trust, And Respon-siveness In The Classroom. John Wiley & Sons, Inc.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389., 01(02), 382–389.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Journal of the ….

Fatmawati, F., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 399. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7411

Ghofur, M. A. (2013). Kredibilitas Dan Otentisitas Guru Kewirausahaan Terhadap Karakter Kewirausahaan Siswa Smk Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 39. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p39-52

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). Desember, 1(2), 84–97.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Independent Learning of Students in Online Learning During The Covid-19 Pandemic. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Inah, E. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Jalani, N. H., & Sern, L. C. (2015). Efficiency Comparisons Between Example-Problem-Based Learning and Teacher-Centered Learning in the Teaching of Circuit Theory. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204, 153–163. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.128

Kurniawan, K. (2018). Perhatian Orang Tua Terhadap pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Smart School Makassar. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2). https://doi.org/10.24252/diwan.v4i2.5616

Lase, D. (2019). Jurnal sundermann. Journal Sunderman, 1(1), 28–43.

Macsuga-Gage, A. S., Simonsen, B., & Briere, D. E. (2012). Effective Teaching Practices: Effective Teaching Practices that Promote a Positive Classroom Environment. Beyond Behavior, 22(1), 14–22. https://doi.org/10.1177/107429561202200104

Mulyono, D. (2021). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708. https://doi.org/10.29333/iejme/642

Mustaqim, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67

Nayernia, A., Taghizadeh, M., & Farsani, M. A. (2020). EFL teachers’ credibility, nonverbal immediacy, and perceived success: Astructural equation modelling approach. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1774099

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nurfalah, F., Maya, L., & Widiyanti, W. (2011). Pengaruh Kredibilitas Dan Kepribadian Dosen Dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 9(2), 247302. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.9.2.

Onsardi, O. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Modul Kuliah MSDM International, 1–51.

Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., & Ghofur, M. A. (2020). Pengajar Kredibel dan Mahasiswa Jujur: Literasi Ekonomi Tinggi? Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 60. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.23521

Qomariyah, A. N., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal ….

Ronfeldt, M., Farmer, S. O., McQueen, K., & Grissom, J. A. (2015). Teacher Collaboration in Instructional Teams and Student Achievement. American Educational Research Journal, 52(3), 475–514. https://doi.org/10.3102/0002831215585562

Sari, R. N., & Amalia, a V. (2021). The Effectiveness of Blended Learning Using Moodle on Student Independence and Learning Outcomes. Journal of Environmental and Science …, 1(1), 1–7.

Sartika, S. B., & Mayangsari, N. Y. (2021). Profil Guru SD Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14876

Sass, T. R., Semykina, A., & Harris, D. N. (2014). Value-added models and the measurement of teacher productivity. Economics of Education Review, 38, 9–23. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2013.10.003

Selimayati, S., & dkk. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 6.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. 4(2), 177–188. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i2.7861

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya Press.

Sulfem, W. B. (2019). pendidikan yang berkualitas dimulai dari kompetensi guru. KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU.

Wiriani, W. T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28.

Yona, E., & Wahid, S. (2018). Hubungan antara Kredibilitas Tutor dengan Minat Belajar Peserta Didik di Bimbingan Belajar Sempoa di Jalan Panjaitan Simpang IV Pasar Batusangkar. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100669