Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Hybrid di Mata Kuliah Matematika Ekonomi

Main Article Content

Eka Indah Nurlaili
Amirul Arif
Fitriana Rahmawati

Abstract

Di tahun 2021 menurunnya kasus covid-19 muncul kebijakan baru untuk melaksanakan pertemuan tatap muka terbatas. Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri diketahui bahwa terdapat himbauan dan skema untuk mulai melaksanakan perkuliahan tatap muka terbatas (PTMT).UNESA mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas dan bertahap (PTMTB) yang diselenggarakan oleh program studi dalam bentuk hybrid dengan teknik live streamingPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Analisis data disajikan secara deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan sampel berjumlah 50 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibuat dengan menggunakan Google Form dan diisi oleh mahasiswa secara online. Kuesioner yang digunakan sebanyak 12 itemPersepsi mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi menyatakan bahwa proses pembelajaran hybrid efektiv pada kualitas pembelajaran,penggunaan teknologi informasi,peningkatan hasil belajar,pemahaman konsep,kemandirian belajar,dan kombinasi antara offline dan online sedangkan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran hybrid menyatakan bahwa pembelajaran berbasis teknologi penting,mendukung interaksi sosial, sebagai solusi keterbatasan pelayanan akademik,fasilitas pendukung yang dimiliki mahasiswa memenuhi,fasilitas yang disediakan kampus memenuhi,dan mahasiswa tertarik terhadap pembelajaran hybrid Mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran hybrid efektiv diselenggarakan pada mata kuliah matematika ekonomi meskipun ada beberapa mahasiswa yang memberikan respon negatif karena kendala teknis dan proses. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran hybrid adalah mendukung dan bahkan sebagian besar lebih menyukai pembelajaran hybrid daripada pembelejaran secara online sepenuhnya ataupun offline sepenuhnya, meskipun beberapa mahasiswa tidak mendukung dikarenakan permasalahan dari sisi mereka sendiri.

Article Details

How to Cite
Nurlaili, E. I., Arif, A. ., & Rahmawati, F. . (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Hybrid di Mata Kuliah Matematika Ekonomi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 81–94. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n2.p81-94
Section
Articles

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 550. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastrahttp://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra

Banda, L. (2022). The Challenges Of Application Of The Hybrid Learning Model In Geography Learning During The Covid-19 Pandemic. GeoEco, 8(8.5.2017), 2003–2005.

Boelens, R., De Wever, B., & Voet, M. (2017). Four key challenges to the design of blended learning: A systematic literature review. In Educational Research Review (Vol. 22, pp. 1–18). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.06.001

Bryan, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended Learning: Definition, Models, Implications For Higher Education. Bulletin of the South Ural State University Series “Education. Education Sciences,” 8(2), 24–30. https://doi.org/10.14529/ped160204

Crawford, R., & Jenkins, L. (2017). Blended learning and team teaching: Adapting pedagogy in response to the changing digital tertiary environment. Australasian Journal of Educational Technology, 33(2), 51–72. https://doi.org/10.14742/ajet.2924

Hediansah, D., & Surjono, H. (2020). Hybrid Learning Development to Improve Teacher Learning Management. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p001

Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/359

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Kudryashova, A. V., Gorbatova, T. N., & Rozhkova, N. E. (2016). Developing a blended learning based model for teaching foreign languages in engineering institutions. SHS Web of Conferences, 28, 01128. https://doi.org/10.1051/shsconf/20162801128

Latifa, H. &, & Alifah, M. N. (2021). Efektivitas Perkuliahan Sistem Hybrid Learning - MajalahKetik.com. http://majalahketik.com/efektifitas-perkuliahan-hybrid-learning/

Li, Q., Li, Z., & Han, J. (2021). A hybrid learning pedagogy for surmounting the challenges of the COVID-19 pandemic in the performing arts education. Education and Information Technologies, 26(6), 7635–7655. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10612-1

Lin, O. (2008). Student Views of Hybrid Learning. Journal of Computing in Teacher Education, 25(2), 57–66. https://doi.org/10.1080/10402454.2008.10784610

Nashir, M., & Laili, R. N. (2021). Hybrid learning as an effective learning solution on intensive English program in the new normal era. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(2), 220–232. https://doi.org/10.24256/ideas.v912.2253

Nawafilah, N. Q., & Masruroh. (2021). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2), 93–99. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/view/4704/2830

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rorimpandey, W. H. F., & Midun, H. (2021). Effect of Hybrid Learning Strategy and Self-Efficacy on Learning Outcomes. Journal of Hunan University Natural Science, 48(8), 181–189. http://jonuns.com/index.php/journal/article/view/672

Sheninger, E. (2020). Moving to a Hybrid Learning Model. A Principal’s Reflections Reflections on Teaching, Learning, and Leadership. http://esheninger.blogspot.com/2020/06/moving-to-hybrid-learning-model.html

Smedley, J. (2010). Modelling the impact of knowledge management using technology. OR Insight, 23(4), 233–250. https://doi.org/10.1057/ori.2010.11

Sugiyono. (2012). Educational Research Methods: Qualitative, Quantitative, and R&D Approaches. Alfabeta.

Sutisna, E., & Vonti, L. H. (2020). Innovation development strategy for hybrid learning based English teaching and learning. English Review: Journal of English Education, 9(1), 103–114. https://doi.org/10.25134/ERJEE.V9I1.3783

UNESCO. (2020). COVID‐19 educational disruption and response. 2020. UNESCO. Https://En.Unesco.Org/Covid19/Educationresponse, a. https://en.unesco.org/news/covid-19-educational-disruption-and-response

Xiao, J., Sun-Lin, H. Z., Lin, T. H., Li, M., Pan, Z., & Cheng, H. C. (2020). What makes learners a good fit for hybrid learning? Learning competences as predictors of experience and satisfaction in hybrid learning space. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1203–1219. https://doi.org/10.1111/bjet.12949