Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa

Main Article Content

Novi Ilham Madhuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kumulatif secara simultan dan pada Fakultas Ekonomi parsiala UNESA S1 Akuntansi 2009 sampai 2012. Survey metode penelitian penjelasan (explanatory) variabel yang terdiri dari emotional Kecerdasan (X1), kecerdasan spiritual (X2), perilaku belajar (X3), dan prestasi (Y). Hasilnya menunjukkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku siswa bersama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap IPK siswa.

Article Details

How to Cite
Madhuri, N. I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 31–43. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p31-43
Section
Articles

References

Abu, Muhammad Ibnu Abdullah. 2008. Prestasi Belajar, (Online) (http://spesialistorch.com, diakses 22 Januari 2012).

Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Bastaman, H.D. 2007. Logoterapi, psikologi untuk menemukan makna hidup dan meraih hidup bermakna. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Cooper, RK dan Sawaf A. 1998. Excutive EQ: Kecerdasan Emotional dalam Kepemompinan dan Organisasi. (terjemahan . T Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ginanjar, Ary. 2001. Rahasia Sukses Membangaun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ( ESQ) : Berdasarkan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam.
Jakarta :Arga.

Golemen, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelegence: Mencapai Puncak Prestasi Kerja dengan Kecerdasan Emosional ( terjemahan Alex Tri Kantjono W). Jakarta. PT.gramedia

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hanifah, Syukriy Abdullah. 2001. Pengaruh Prilsaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Imformasi, Vol 1, No.3, 63-86.

Ludigdo, Unti. 2004. Mengembangkan Pendidikan Akuntansi Berbasis Esq Untuk Menungkatakan Prilaku Etsi Akuntan. Tema vol. 2: 134-149

Melandy, Risyo. 2006. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri sebagai variabel pemoderesasi. Padang Simposium Nasional Akuntansi.

Nuraini, maya. 2007. Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar mahasiswa akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal BETA, Gresik, Maret.

Pramono. 2010. Pengaruh Antara Spiritual Quotient, Emotional Quotient, Dan Intelektual Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Tarumanegara. Jurnal EconomiSains volume VI, nomor 1, maret 2010. (Online) (http://portal.kopertis3.or.id, diakses 30 Agustus 2013).

Robins, Stephen .2003 Perilaku Organisasi Edisike Sembilan. PT. indeks kelompok Gramedia. Jakarta.

Shabnam dan Tung, N.S. 2011. Intelligence,Emotional, And Spiritual
Quotient As Elements Of Leadership. Pertanika Journal social sciences and humanities.

Sobry, Sutikno. 2009. Belajardan Pembelajaran. Bandung : Prospect.

Sukidi. 2002. Rahasia hidup sukses bahagia. Kecerdasan spiritual. mengapa SQ lebih penting dari pada IQ dan EQ.

Jakarta. Pt Gramedia Pustaka Utama. Suryabrata, Sumadi. 2007. PsikologiPendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih dan Afifah Afuwah (2004), Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa, Denpasar: SNA VII.

Suwarjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruann Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, www. Suwardjono.com.

Thabrany , H Rusyan. 1994. Rahasia kunci sukses belajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Ubaydilah. 2004. Selayang pandang tentang
IQ, EQ, dan SQ. artikel http://www.epsikologi.com. Diakses
23 desember 2012

Wahyu, Nungraheni Dwi. 2008. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan
Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.
Proposal.Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Yosep, Iyus. 2005. Pentingnya ESQ (Emosional& Spiritual Quotion) Bagi Perawat Dalam Manajemen Konflik. Disampaikan pada Cerdas, Kreatif, Berwawasan Dan Mandiri (Cerebri) Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Keperawatan Unpad: Bandung.

Zohar, danah dan Ian Marshal. 2001. SQ, Kecerdasan Spiritual. Alih Bahasa: Rahmani Astuti dkk. Penerbit Mizan: Bandung.