Pengembangan Modul pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis-jenis Surat atau Dokumen Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran

Main Article Content

Pipid Muntoro
Durinda Puspasari

Abstract

ABSTRAK

Modul merupakan paket belajar mandiri yang meliputi serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang secara sistematis untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul pembelajaran Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis-jenis Surat atau Dokumen yang telah dikembangkan di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) menggunakan model pengembangan 4-D models Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop (Pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI APK 3 Jurusan Administrasi Perkantoran.

Berdasarkan hasil analisis kelayakan modul oleh validator diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,5% dengan kriteria interpretasi penilaian sangat layak. Sedangkan hasil respon siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85,8% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Surabaya.

 

Kata Kunci: Pengembangan Modul, Mengidentifikasi Jenis-jenis surat atau Dokumen

 

ABSTRACT

Module is a self-learning materials which includes a series of learning experiences planned and systematically designed to help students achieve the objective learning. The aims of this study to determine the feasibility and response the student class XI Skill Competence of Office Administration to the module which has been developed in SMK Negeri 1 Surabaya. The kind of this research is Research and Development (R & D) using 4-D model of the development. The models were about define, design, develop, and disseminate but this research has been done until the develop. Subjects in this study are 20 students of class XI APK 3 Skill Competence of Administration.

Based on the results of the feasibility analysis module validator get an average percentage about 89.5% with the interpretation of the assessment criteria was very feasible. While the results of student responses showed an average percentage of 85.8% with the criteria very well. It can be concluded that the basic competence identifying types of letter or document module that has been developed was very suitable to be used as teaching materials in SMK Negeri 1 Surabaya.

 

Keywords: Module Development, Identifying Types of Letter or Document

Article Details

How to Cite
Muntoro, P., & Puspasari, D. (2017). Pengembangan Modul pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis-jenis Surat atau Dokumen Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p44-53
Section
Articles

References

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: PMPTK.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.

Purwanto, dkk. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara..