Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti

Main Article Content

Hesty Indria Wahyuni
Durinta Puspari

Abstract

ABSTRAK

Penelitian pengembangan modul ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi oleh peneliti karena satu-satunya bahan ajar yang digunakan di sekolah bersumber dari internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul, kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti serta menganalisis respon siswa di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Model pengembangan modul ini mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Lembar validasi diberikan pada ahli materi dan ahli grafis, sedangkan lembar angket respon siswa diberikan pada 15 siswa kelas XI APk 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data hasil respon siswa. Hasil validasi untuk komponen kelayakan isi materi sebesar 98,21%, kelayakan penyajian 99,10%, kelayakan bahasa 96,42%, dan kelayakan kegrafikaan 80%. Sehingga rata-rata hasil validasi sebesar 93,43% dengan kategori œsangat layak. Sedangkan hasil respon siswa sebesar 95,99% dikategorikan œsangat layak.

 

Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Kurikulum 2013, Daftar Urut Kepangkatan, Peraturan Cuti

 

ABSTRACT

The development module research is done regarding to the result of writer observation because the source of teaching materials in the school is only from internet. The aims of this study to determine the process of development, the feasibility, and response the student to the module which has been developed in SMKN 2 Buduran Sidoarjo. The development module based on suitable materials component, suitable presentation, suita ble language, and suitable graphics from Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). The development module refer to 4D models (Define, Design, Develop, and Disseminate). The techniques of data collection use questionnaire of validation sheet and students response sheet. Validation sheet distributed to the professional material and professional graphics mean while students response sheet distributed to 15 students at XI APk 1 in SMKN 2 Buduran Sidoarjo. The obtained result consist of qualitative and quantitative data. Data which already get analize is validation result and students response result. The validation result for suitable materials component amount of 98,21%, suitable presentation 99,10%, suitable language 96,42% and suitable graphics 80%. So the average of validation result is 93,43% which categories is very suitable. Mean while the result of student response is 95,99% which categories is very suitable.

 

Keywords: Development of Learning Module, 2013 Curriculum, List of Degree, Regulation of  Furlough

 

Article Details

How to Cite
Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 54–68. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p54-68
Section
Articles

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. Penilaian Buku Teks. (http://bsnp-indonesia.org diakses tanggal 25 April 2017).

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Dava Media.

Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Rosda.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung:
Refika Aditama.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Panduan Membuat Buku Teks
Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Mufidah, Chilmiyah Izzatul. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran
pada Kompetensi dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di
SMKN 10 Surabaya, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, (Online), Vol. 2 No. 2 tahun 2014, (http://ejournal.unesa.ac.id diakses
tanggal 25 April 2017).

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: Rosda.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saitifik untuk Implementasi
Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta: Kencana