Pengaruh Penambahan Stophole Pada Bahan Komposit Epoxy Serat Kaca

Authors

  • Heryanto B. Soemardi Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Kasijanto Kasijanto Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Sadar Wahjudi Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Nurlia P. Sari Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v13n2.p54-57

Keywords:

komposit, serat kaca, stophole, rambatan retak, kekuatan tarik

Abstract

Telah banyak diteliti metode stophole untuk menghambat pertumbuhan retak pada bahan logam, namun belum ada penelitian tentang metode stophole ini untuk menghambat retak pada bahan komposit. Penelitian ini mengguankan komposit epoxy dan serat kaca dengan katalis epoxy hardener (polyaminoamide), arah serat yang digunakan adalah serat acak, lapisan komposit terdiri dari 4 lapis,  dengan komposisi 30% serat, 69.7% resin, dan 0,3% katalis digunakan. Spesimen uji menggunakan CTS sesuai standar pengujian ASTM E 647 dengan retak awal sepanjang 20 mm dengan variasi diameter lubang stophole 2mm, 3mm, 4mm, dan 5mm serta jarak lubang dan retak 5mm, 10mm, dan 15mm. Hasilnya didapatkan jarak lubang yang paling optimum yang menyebabkan tegangan tarik tertinggi terletak pada jarak 10mm dari ujung retak, dan diameter optimumnya adalah 5mm dengan kekuatan tarik maksimum 22.74 Mpa, lebih tinggi daripada kekuatan tarik maksimum tanpa stophole (13.3 Mpa). Sehingga dapat disimpulkan adanya variasi stophole mempengaruhi tegangan tarik maksimum komposit epoxi serat gelas, karena pada ujung retak dan sisi lubang terdapat pemusatan tegangan, dan juga perbedaan mode patahan.

References

P.S. Song, Y.L. Shieh, 2004,Stop drilling procedure for fatigue life improvement, International Journal of Fatigue, Vol. 26, 13331339.

Fani A., 2013, œPerilaku Striation pada penampang patahan plat alluminium disekitar daerah Stop Drilled Hole, Skripsi Teknik Mesin, Universitas Brawijaya, Malang.

Punowidodo, Anindito, 2010. œEvaluasi Faktor Intensitas Tegangan pada Ujung Retak dengan Lubang Penghambat Rambat Retak, Jurnal Rekayasa Mesin Vol. 1 No. 1.

Tada, H. Paris,P. Irwin,G..1985. œThe Stress Analysis of Cracks Handbook. Paris Production, Inc. St. Louis.

Nugroho, Yosep D., 2016, œKarakteristik Komposit Serat Gelas dengan Variasi Jumalh Lapisan Serat, Skripsi Teknik Mesin, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Article
Abstract views: 209 , PDF Downloads: 207