Peningkatan Kualitas Dan Kuantitas Produksi Melalui Perbaikan Teknologi Produksi Pada UKM Pengrajin Tas

Authors

  • Budihardjo Achmadi Hasyim Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya
  • Iskandar Iskandar Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus Yunus Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v12n2.p58-62

Keywords:

teknologi produksi, produktivitas, pengrajin tas

Abstract

Kegiatan   ini   bertujuan   untuk   membantu   menyelesaikan   rendahnya produktvitas UKM pengrajin tas œENDXEN dan tas œSYAFAAT di Gresik. Permasalahan urgen yang harus  segera  diselesaikan  dalam  upaya  meningkatkan produktivitas kedua  UKM  pengrajin  tas  ini adalah perbaikan teknologi produksi melalui penerapan teknologi tepat guna (TTG) berupa mesin jahit elektrik untuk menggantikan mesin jahit manual. Metode untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan melalui penerapan mesin jahit elektrik melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa  pengusaha kecil pengrajin tas ini telah dapat meningkatkan produktivitas produksinya dan karyawan meningkat penghasilannya, yakni untuk jenis tas rangsel laptop dari 7 tas/hari menjadi 14 tas/hari sehingga ada peningkatan produksi 100% dan upah  untuk satu tas rangsel Rp.8.000 sehingga penghasilan karyawan meningkat dari Rp.56.000 menjadi Rp.112.000, dan untuk jenis tas sekolah dari 12 tas per hari menjadi 30 tas per hari, sehingga ada peningkatan produksi 150% dan upah untuk satu tas sekolah Rp.4.000 sehingga penghasilanya karyawan meningkat dari Rp.48.000 menjadi Rp.120.000.

References

Kemendikbud. (2013). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.

Maslov, D., Danilevsky and Sasav, V. (tanpa tahun).
Engineering Manufacturing Processes. Peace Publishers Moscows.

Niken, dkk. (1996). Pengaruh kemasan terhadap pemasaran suatu produk. Artikel yang dimuat di Majalah Forum Komunikasi FPTK se-Indonesia. IKIP Padang.

Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, (2007), Revitalisasi Koperasi dan UKM Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan, Jakarta.

Sujono, Sugondo. (1987). Teknologi Mekanik 2. Jakarta:Depdikbud DIKMenjur.

Stefford, John dan Guy Mc. Murdo. (1983). Teknologi Kerja Logam. Diterj. Abdul Rahman. Jakarta: Erlangga.

Tjandra Wirawan, Ece Sudirman.(1992). Petunjuk kerja pelat dan tempa. Cet. 1. Jakarta: Depdikbud. Wiryosumarto, Harsono.(1999). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Article
Abstract views: 1232 , PDF Downloads: 488