Kegiatan Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemusatan Perhatian Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD)

Authors

  • Tiara Firdausiah SMP Semen Gresik

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p035-046

Keywords:

Finger painting, attention, Autism Spectrum Disorder (ASD)

Abstract

Anak dengan ASD memiliki hambatan dalam memusatkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan finger painting terhadap peningkatan kemampuan pemusatan perhatian anak dengan ASD. Penelitian ini merupakan Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan anak laki-laki dengan ASD usia 10 tahun di SLB Tunas Mulya Surabaya. Pengumpulan data melalui observasi. Analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi digunakan untuk menganalisis data. Hasil fase baseline (A) dibandingkan dengan fase baseline (A2) mengindikasikan adanya peningkatan dalam kemampuan pemusatan perhatian subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini berhasil memperlihatkan bahwa kemampuan pemusatan perhatian anak spektrum autis dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting. Dalam implementasinya, perlu ada modifikasi terhadap anak spektrum autis yang hipersensitif taktil.

 

Kata Kunci: finger painting, pemusatan perhatian, Autism Spectrum Disorder (ASD)

References

<p>Ahmadi, Abu. 2009. <em>Psikologi Umum</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p> </p><p>Aola, Farchatul. 2016. Pengaruh Aktivitas Finger Painting Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD. <em>S1 Thesis</em>, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari         http://repository.upi.edu/id/eprint/26774.</p><p> </p><p>Arikunto, Suharsimi. 2010. <em>Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik</em>. Jakarta: Rineka Cipta</p><p> </p><p>Baharuddin. 2007. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Yogyakarta: Ar Ruzz     Media</p><p> </p><p>Coto, Maria Velez, et.al. 2017. œTechnology-based intervention forlow-function autism to train skills to work with visualsignifiers and concept:. <em>International Journal Research in Developmental Disabilities</em>, doi.org/10.1016/j.ridd.2017.02.008.</p><p> </p><p>Danarjati, dkk. 2013. <em>Pengantar Psikologi Umum</em>. Yogyakarta:Graha Ilmu.</p><p> </p><p>Diener, Marissa L, et.al. 2015 œA Creative 3D Design Programme: Building on Interests and Social Engagement for Students with Autism Spectrum Disorder (ASD). <em>Intrenational Journal of Disabilities, Development and Education</em>. Diakses dari http://doi:10.1080/1034912X.2015.1053436.</p><p> </p><p>Hasanah, Nursofariah Robiyatul. 2019. œEfektifitas Finger Painting Terhadap Perilaku Inattention Pada Anak Autis Di Slb Trituna Subang. <em>Jurnal Ilmiah Mahasiswa Widia Ortodidaktik</em>. Vol. 8 No. 8. Diakses Dari <a href="http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/16170">http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/16170</a>.</p><p> </p><p>Kaczmarek, Maja Stanko and Kaczmarek, Lukasz D. 2016. œEffects of Tactile Sensations during Finger Painting onMindfulness, Emotions, and Scope of Attention. <em>Creativity Research Journal</em>. Vol. 28 (3): 283-288. Diakses Dari Http://10.1080/10400419.2016.1189769.</p><p> </p><p>Koswara, D. 2013. <em>Pendidikan Anak Berkebutuhan KhususAutis</em>. Jakarta: Luxima Metro Media.</p><p> </p><p>Kurniasari, D. Rachmawati, Y. 2010. <em>Strategi PengembanganKreativitas Pada Anak</em>. Jakarta: Kencana Prenada        Media Group.</p><p> </p><p>Kusuma, Fitria Dwi. 2017. "Kegiatan kolase kombinasi terhadap kemampuan anak autis di sekolah dasar". <em>Jurnal Pendidikan Khusus</em>, Vol 9, No 3. Diakses Dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/20133/18430</p><p> </p><p>Listyowati, Anies. Sugiyanto. 2014. <em>Finger Painting</em>. Jakarta:        Erlangga.</p><p> </p><p>Loohuis, N.F.M Olde, et.al. 2015. œElevated MicroRNA-181c and MicroRNA-30d levels in the Enlarged Amygdala of the Valproic Acid Rat Model of Autism. <em>International Journal of Neurobiology of Disease</em>, Diakses Dari doi:10.1016/j.nbd.2015.05.006</p><p> </p><p>Lumbantobing. 2002. <em>Anak Terbelakang Mental: RetardasiMental, Gangguan Belajar, Gangguan PemusatanPerhatian, Autisme</em>. Jakarta: Balai Penerbit FakultasKedokteran Universitas Indonesia.</p><p> </p><p>Montolalu, B.E.F 2009. <em>Bermain dan Permainan Anak</em>. Jakarta:    Universitas Terbuka.</p><p> </p><p>Mudjito, dkk. 2013. <em>Pendidikan Anak Autis</em>. Yogyakarta: Multi     Presindo.</p><p> </p><p>Pamadhi, H. dan Evan Sukardi. 2010. <em>Seni Keterampilan   Anak</em>.Yogyakarta: Universitas Terbuka.</p><p> </p><p>Rokhimah, Rina dan Ira Darmawanti. 2013. œPengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis. <em>Jurnal Psikologi Teori &amp; Terapan</em>. Vol. 4 No. 1. Diakses Dari <a href="http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v4n1.p48-55">http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v4n1.p48-55</a></p><p> </p><p>Rosita, Rani dan Azza, Awatiful. 2014. œPengaruh <em>Finger PaintingPlay Terapy</em> Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Pra Sekolah Di Pendidikan Anak Usia dini Yasmin Jember. Diakses dari http://digilib.unmuhjember.ac.id/files/disk1/70/umj-1x-ranirosita-3464-1-artikel-l.pdf.</p><p> </p><p>Sugihartono dkk. (2007). <em>Psikologi Pendidikan</em>. Yogyakarta:UNY.</p><p> </p><p>Sugiyono. 2015. <em>Metode Penelitian Pendidikan</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p> </p><p>Sugiyono. 2016. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,danR&amp;D</em>. Bandung: CV Alfabeta.</p><p> </p><p>Suharnan. 2005. <em>Psikologi Kognitif</em>. Surabaya: Srikandi.</p><p> </p><p>Sujarwanto. 2005. <em>Terapi Okupasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus</em>. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.</p><p> </p><p>Sukardi. 2013. <em>Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi danPraktiknya</em>. Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p> </p><p>Suryabrata, Sumadi. 2006. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.</p><p> </p><p>Wahyudi, Ari. 2009. <em>Metodologi Peneliti Luar Biasa</em>.Surabaya: UnesaUniversityPress.</p><p> </p><p>Walgito, Bimo. 2010. <em>Pengantar Psikologi Umum</em>. Yogyakarta:    C.V Andi Offset.</p><p> </p>Wang, Shuo et.al. 2014. œAutism spectrum disorder, but not amygdala lesions, impairs social attention in visual search. <em>Journal International of Neuropsychologia</em>, doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2014.09.002

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Firdausiah, T. (2022). Kegiatan Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemusatan Perhatian Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 5(1), 035–046. https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p035-046

Issue

Section

Articles
Abstract views: 603 , PDF Downloads: 818