Kegiatan Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemusatan Perhatian Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD)
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p035-046Kata Kunci:
Finger painting, attention, Autism Spectrum Disorder (ASD)Abstrak
Anak dengan ASD memiliki hambatan dalam memusatkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan finger painting terhadap peningkatan kemampuan pemusatan perhatian anak dengan ASD. Penelitian ini merupakan Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan anak laki-laki dengan ASD usia 10 tahun di SLB Tunas Mulya Surabaya. Pengumpulan data melalui observasi. Analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi digunakan untuk menganalisis data. Hasil fase baseline (A) dibandingkan dengan fase baseline (A2) mengindikasikan adanya peningkatan dalam kemampuan pemusatan perhatian subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini berhasil memperlihatkan bahwa kemampuan pemusatan perhatian anak spektrum autis dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting. Dalam implementasinya, perlu ada modifikasi terhadap anak spektrum autis yang hipersensitif taktil.
Kata Kunci: finger painting, pemusatan perhatian, Autism Spectrum Disorder (ASD)
Referensi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

